23 Desember 2011

Facebook Timeline


Setelah diperkenalkan dalam konferensi developer F8 bulan September lalu akhirnya Facebook Timeline secara resmi diluncurkan ke publik untuk seluruh pengguna Facebook, sekaligus berserta pro dan kontra yang beredar, ada yang merasa nyaman, dan ada yang merasa privasinya terganggu, karena facebook timeline mempermudah dalam melihat hal-hal yang sudah terjadi.

Facebook Timeline bisa diaktifkan melalui link berikut ini: http://www.facebook.com/about/timeline. Jika sudah diaktifkan, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan pengguna seperti dijelaskan TheNextWeb: 

  • Ganti Cover. Ini adalah gambar besar di bagian paling atas halaman Timeline pengguna.  Mereka yang baru saja mengaktifkan Timeline pasti akan mendapati bagian ini masih kosong. Untuk mengisinya, klik 'Add a Cover' dan pilih dari foto yang ada atau upload foto baru. Untuk menggantinya, klik 'Change Cover'. 

  • Informasi Anda terdapat kotak biografi singkat itu akan terdapat kotak-kotak seperti Friends, Photos, Map, Likes, serta aplikasi Facebook lain yang Anda gunakan (jika ada).  serta boks untuk meng-update status seperti yang biasa digunakan. 

  • Lini masa Timeline, garis waktu atau lini masa. Penampilan semua update yang penting dalam dua kolom kiri dan kanan. Jika dirunut terus ke bawah, akan tampak bahwa ini merupakan sebuah garis waktu. Karena di bagian paling bawah adalah kotak Born alias lahir yang mencantumkan tanggal lahir pengguna. Fitur inilah yang jadi andalan berikutnya dari Facebook. Pengguna seakan digiring untuk menciptakan sebuah diary online yang mencatat perjalanan hidupnya. Pengguna bisa menambahkan momen penting dalam hidup, misalnya Pernikahan atau Kelahiran Anak, dan lainnya ke garis waktu ini. Foto yang sudah ada pun bisa disesuaikan dengan Timeline tersebut. Caranya, dengan mengubah tanggal foto, lewat opsi yang muncul di sisi kanan bawah saat melihat foto tersebut.

  • "Featured Post" Salah satu fitur yang menarik adalah, setiap posting di lini masa tadi bisa diatur dengan mengklik tombol pengaturan di pojok kanan. Ini bisa digunakan untuk, misalnya, menghapus atau menyembunyikan post yang tak mau Anda tampilkan di sana. Selain itu, kemampuan yang menarik adalah memberi Bintang alias mengubah sebuah posting jadi featured post. Ini akan menaikkan status posting menjadi 'penting' dan diletakkan di atas, dekat kotak biografi singkat pengguna.

dalam pengunaan facebook timeline diberi kesempatan trial selama 7 hari atau anda bisa memilih langsung mengaktifkan, namun jika sudah diaktifkan, facebook tidak bisa kembali seperti semula

informasi tentang facebook timeline di

2 komentar:

  1. nah ketemu juga tentang FB time line
    makasih infonya :)

    eh iya boleh minta komen d postingan yang ini gak ?
    http://herzablog.blogspot.com/2011/11/seandainya-saya-menjadi-anggota-dpd-ri.html

    BalasHapus
  2. @Ian Herza


    sama-sama, oh ya udh aku koment kok seandainya menjadi DPR, nice post :thumbsup

    BalasHapus

Variabel : KAMMI dan FH UB (Perspektif Saya) Kaitan Kepentingan

Saya ingin menulis sedikit tentang ketakutan tentang “kepentingan” yang berada di FH UB, ada sebuah statement menarik di ask.fm sesungguhny...