My Life My Adventure and My Story

29 Oktober 2011

Teh Obeng , Es Teh Manis ala Batam

Sabtu, Oktober 29, 2011 Posted by n.hadiyati No comments

Tulisan kali ini terinspirasi dari blog temen aku yang wajib di baca "Teh Obeng" dan sekarang perasaan kami sebagai anak rantau mirip banget, sangat merindukan batam serta Teh Obeng, jujur waktu pertama kali aku tiba di Depok lidah itu masih kelu, diriku kaku tak bisa mengucapkan kata Es Teh Manis *HHA Lebay, tapi emang bener rasanya beda aja ketika pesan "Mas Teh Obeng 1"

Teh Obeng sendiri emang cuman istilah yang terkenal di Batam, cuman di batam deh pokoknya mesen ini minuman, tapi yah sebenarnya sih teh obeng itu gak jauh beda kok sama es teh manis.

sejarah namanya teh obeng itu dari bahasa Tionghoa di Xi Cia Po yaitu O yang artinya kosong dan Peng yang artinya es jadi, istilah awalnya itu teh apeng tapi berhubung lidah indonesia lama-lama menjadi teh obeng, sebenarnya pengaruh bahasa tionghoa ini sendiri dikarena daerah Batam yang deket banget sama Singapura.

Jadi inget ya kalau main kebatam mesennya TEH OBENG

Doa Cinta Sang Pengantin

Sabtu, Oktober 29, 2011 Posted by n.hadiyati , , No comments

Ya Allah,
Andai Kau berkenan, limpahkanlah rasa cinta kepada kami,
Yang Kau jadikan pengikat rindu Rasulullah dan Khadijah Al Qubro
Yang Kau jadikan mata air kasih sayang Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az Zahra
Yang Kau jadikan penghias keluarga Nabi-Mu yang suci.

Ya Allah,
Andai semua itu tak layak bagi kami,
Maka cukupkanlah permohonan kami dengan ridho-Mu
Jadikanlah kami Suami & Istri yang saling mencintai di kala dekat,
Saling menjaga kehormatan dikala jauh,
Saling menghibur dikala duka,
Saling mengingatkan dikala bahagia,
Saling mendoakan dalam kebaikan dan ketaqwaan,
Serta saling menyempurnakan dalam peribadatan.

Ya Allah,
Sempurnakanlah kebahagiaan kami
Dengan menjadikan perkawinan kami ini sebagai ibadah kepada-Mu
Dan bukti ketaatan kami kepada sunnah Rasul-Mu.

Amin

Special for My Sister - Erlyza Mucharani and My Brother-In-Law in future Syafrijal

26 Oktober 2011

2PM Hands Up

Rabu, Oktober 26, 2011 Posted by n.hadiyati No comments


denger pas anak kosan lagi stress mendekati UTS , ini lagu habring parah, cool !!
bonus deh video yang biasa sama versi remixnya 
Put Your Hands UP !

23 Oktober 2011

Tanggapan Akhir Bulan

Minggu, Oktober 23, 2011 Posted by n.hadiyati , No comments

Wah gak nyangka ternyata pas lagi posting sekarang itu tanggal 23 Oktober yang berarti masa akhir bulan, pantesan tadi bagun siang terus maksa nyuci semua baju sendiri *tanpa jasa bantu-bantu deh, eh ternyata sekarang akhir bulan, miris banget deh kalau udah akhir bulan, kalau di ulang akhir bulan rasanya kesiksa banget


semua orang pasti ngerasain deh dilemanya akhir bulan ketika dompet juga mendekati titik darah penghabisan yang akhirnya ikut menghabiskan segala bentuk kesenangan di awal bulan deh, masa akhir bulan ini dirasakan juga loh oleh aku yang jauh dari rumah, sebagai ilustrasi awal bulan nongkrongnya di Mall yang nontonlah yang belanjalah (Tas 1 50.000 ini paling mengoda iman) lalu mendekati tengah bulan udah di kantin kampus juga cukup, dan akhir bulan kupu-kupu deh (kuliah pulang - kuliah pulang) Hha, akhir bulan emang gak pernah ada enaknya deh.


eits tapi ilustrasi di atas bisa di atasin sebenarnya, dan aku juga lagi berusaha ini buat ngatasin dengan tips sebagai berikut :

  1. Awal bulan langsung deh bagi-bagi pos uang deh, di steples biar gak gampang buat ganggu gugat, kalau perlu di lengkapi catetan, kalau ada sisa alhamdulliah segera di umpetin di tempat terselubung biar  gak cepat di ambil *kalau aku sih di bawah tempat tidur atau di lemari pojokan sama di selip-selip buku tuh
  2. Wajib punya celengan jadi uang receh habis kembalian jangan di belanjain lagi juga jangan di buang kemana-mana, tabung deh, prinsip ibu-ibu itu benarloh sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit juga.
  3. Siapin makanan instant alias Indomie llumayan kalau kelaparan tengah malam atau lagi pengen hemat dan mungkin Mager tingkat dewa, tapi jangan keseringan juga, bahaya kalau sakit mah malah keluar uang banyak
  4. ayo konsultasi kejiwa kalau mau belanja "kamu butuh barang ini?" ini dialog ampuh banget terutama buat aku si wanita 
  5. gak bisa hedon mulu, kalau sehari habis duit banyak ya berarti harus hemat besoknya, catet selalu deh keuangan biar kita tahu saat kita udah kelewat batas banget habis duitnya

ok itu Tips yang aku juga lagi usaha di terapin, semoga kita bisa menghadapi masa akhir bulan dengan senyuman, BADAI PASTI BERLALU, kalau tips diatas dijalanin enaknya duit kita gak cepat habis karena kita hemat atau kalau pun habis ayoo tinggal angkat kasur dan bongkar-bongkar deh nyari uang selipan :)

22 Oktober 2011

For The Rest of My Life

Sabtu, Oktober 22, 2011 Posted by n.hadiyati , , No comments

aku bersyukur kau di sini kasih
di kalbuku mengiringi
dan padamu ingin ku sampaikan

kau cahaya hati
dulu ku palingkan diri dari cinta
hingga kau hadir membasuh segalanya
oh inilah janjiku kepadamu

sepanjang hidup bersamamu
kesetiaanku tulus untukmu
hingga akhir waktu kaulah cintaku cintaku
sepanjang hidup seiring waktu
aku bersyukur atas hadirmu
kini dan selamanya aku milikmu
yakini hatiku

kau anugerah Sang Maha Rahim
semoga Allah berkahi kita
kekasih, penguat jiwaku
berdoa kau dan aku di Jannah

ku temukan kekuatanku di sisimu
kau hadir sempurnakan seluruh hidupku
oh inilah janjiku kepadamu

yakini hatiku bersamamu ku sadari inilah cinta
tiada ragu dengarkanlah
kidung cintaku yang abadi

14 Oktober 2011

Jumat, Oktober 14, 2011 Posted by n.hadiyati No comments

I wanna get married. Not tonight, or even to you necessarily, but that’s what I want, and if that’s gonna scare you off, I’d rather scare you off now. I want a family, I want to live in a house, with a garden with a tree for kids to climb. I want to go to sleep every night with the same person by my side, and wake up next to him in the morning - every morning - for the rest of my life. Just thought you should know that.
— Nora, How I Met Your Mother

source : SWYL

12 Oktober 2011

Pemerintahan & Warga Negara

Rabu, Oktober 12, 2011 Posted by n.hadiyati , , , No comments
Pemerintah

Arti luas adalah segala kegiatan/usaha yg teroganisir,bersumber pada kedaulatan dan berlandaskan dasar negara.
Arti sempit adalah pendapat montesquieu, maka hanyalah tugas, kewajiban dan kekuasaan negara di bidang eksekutif

Warga Negara dan Negara


  • Penduduk adalah mereka yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu penduduk dibedakan menjadi:
    • penduduk warga negara
    • penduduk bukan warga negara adalah mereka yg berada dalam wilayah suatu negara

  • Asas kewarganegaraan
    • kriterium kelahiran menurut asas keibubapaan atau disebut “ius sanguinis”
    • kriterium kelahiran menurut asas tempat kelahiran atau dissebut “ius soli”
  • Pelaksanaan kedua stelsel ini dibedakan dalam :
    • hak opsi yaitu hak untuk memilih kewarganegaraan (stelsel aktif)
    • hak repudiasi yaitu hak untuk menolak kewarganegaraan (stelsel pasif)
  • Naturalis atau pewarganegaraan adalah suatu proses hukum yg menyebabkan seseorang dengan syarat-syarat tertentu mempunyai kewarganegaraan
Di indonesia siapa-siapa yg menjadi warga negara telah disebutkan di dlm pasal 26 UUD 1945, yaitu :

  1. Yang menjadi warganegara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan undang-undang sebagai warga negara.
  2. Syarat-syarat mengenai warganegara ditetapkan dengan undang-undang
Dalam penjelasan umum UU. No. 62 tahun 1958, dikatakan bahwa kewarganegaraan RI. Diperoleh :

  1. Karena kelahiran
  2. Karena pengangkatan
  3.  Karena dikabulkan permohonan
  4. Karena pewarganegaraan
  5. Karena atau akibat dari perkawinan
  6. Karena turunan ayah/ ibunya
  7. Karena pernyataan
Sumber : Harwantiyoko, Neltje F.Katuuk. MKDU Ilmu Sosial Dasar. Jakarta. 1996

Kutipan Cinta

Rabu, Oktober 12, 2011 Posted by n.hadiyati No comments


Cinta adalah kekuatan yg mampu
mengubah duri jadi mawar
mengubah cuka jadi anggur
mengubah sedih jadi riang
mengubah amarah jadi ramah
mengubah musibah jadi muhibah.
Habiburrahman el-shirazy

Cintailah kekasihmu sekedarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi musuhmu. Dan bencilah musuhmu sekedarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi kekasihmu.
Ali Bin Abi Thalib

Cinta bukan mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat.
Hamka

Ya Allah, aku mohon cinta-Mu, 
cinta orang-orang yang mencintai-Mu,
dan cinta akan perbuatan yang dapat mendekatkan diriku kepada cinta-Mu
Tirmidzi

Cinta Awalnya permainan dan akhirnya kesungguhan
ia tidak dapat dilukiskan tapi harus dialami
agama tidak menolaknya, syariat tidak melarangnya
karena hati ada di tangan tuhan
di yang maha membolak-balikkan hati
Muhammad Ibnu Hazm

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana:
Dengan kata yang tak sempat diucapkan
Kayu kepada api yang menjadikanya abu
Aku ingin mecintaimu dengan sederhana:
Dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
Awan kepada hujan yang menjadikannya tiada
Sapardi Djoko Damono, (1989)

Negara

Rabu, Oktober 12, 2011 Posted by n.hadiyati , , , No comments
Negara

  • Tujuan utama negara :
    • Mengatur dan menertibkan gejala-gejala dalam masyarakat yang bertentangan satu sama lain
    • Mengatur dan menyatukan kegiatan manusia dan golongan untuk menciptakan tujuan bersama yang disesuaikan dan diarahkan pada tujuan negara

  • Sifat-sifat negara : sifat memaksa, monopoli, mencakup semua
  • Bentuk negara : negara kesatuan, negara serikat
  • Unsur-unsur negara : wilayah, rakyat, pemerintah, tujuan negara, kedaulatan

  • Adapun tujuan negara itu bermacam-macam diantaranya :
    • Perluasan kekuasaan semata
    • Perluasan kekuasaan untuk mencapai tujuan lain
    • Penyelenggaraan ketertiban hukum
    • Penyelenggaraan kesejahteraan umum

  • Tujuan negara Republik Indonesia:
    • Melindungi segenap bangsan dan seluruh tumpah darah indonesia
    • Memajukan kesejahteraan umum
    • Mencerdaskan kehidupan bangsa
    • Ikut melaksanakan ketertiban dunia

  • Sifat-sifat kedaulatan : permanen, absolut, tidak terbagi, tidak terbatas
  • Sumber kedaulatan : teori kedaulatan tuhan, rakyat, negara, hukum

Purnadi Purbacaraka dan Soerjono Soekanto mencoba menghimpun berbagai pengertian yang dibenarkan oleh masyarakat terhadap hokum, sebagai berikut :
  1. Hukum sebagai ilmu pengetahuan
  2. Hukum sebagai disiplin
  3. Hukum sebagai kaidah
  4. Hukum sebagai tata hukum
  5. Hukum sebagai petugas
  6. Hukum sebagai keputusan penguasa
  7. Hukum sebagai proses pemerintah
  8. Hukum sebagai sikap
  9. Hukum sebagai jalinan nilai-nilai

Menurut anglo saxon, the rule of law memiliki 3 unsur yaitu :
  1. supremasi hukum
  2. persamaan kedudukan di depan hukum bagi setiap orang
  3. konstitusi bukan merupakan sumber bagi Hak Asasi Manusia
Sumber : Harwantiyoko, Neltje F.Katuuk. MKDU Ilmu Sosial Dasar. Jakarta. 1996

11 Oktober 2011

Hukum

Selasa, Oktober 11, 2011 Posted by n.hadiyati , , , No comments
Hukum
Menurut Utrecht, Hukum adalah himpunan peraturan yang mengurus tata tertib dalam masyarakat dan karena itu harus ditaati oleh masyarakat itu.

Menurut JCT.Simorangkir SH.Hukum adalah Peraturan-peraturan yg memaksa, yg menentukan tingkah laku manusia dalam masyarakat yang dibuat oleh badan-badan resmi yg berwajib, pelanggaran mana terhadap peraturan-peraturan tadi berakibat diambilnya tindakan.

Ciri-Ciri Hukum yaitu adanya larangan atau perintah serta perintah atau larangan itu harus dipatuhi serta mengikat orang yang tunduk didalam naungan hukum tersebut.

Sumber-Sumber Hukum atau segala sesuatu yang menimbulkan aturan yang mempunyai kekuatan memaksa yang jika di langgar mendapat sangsi yang tegas dan nyata
  • Sumber Hukum Formal : Undang-undang, Kebiasaan, Keputusan-keputusan hakim (Yurisprudensi), Traktat, Pendapat sarjana Hukum
  • Pembagian hukum : menurut sumbernya, menurut bentuknya, menurut tempat berlakunya, menurut waktu berlakunya, menurut cara mempertahankannya, menurut sifatnya, menurut wujudnya, menurut isinya
  • Sistem hukum terurai menjadi 3 yaitu : substansi, struktur, kultur

Istilah dalam Hukum
  • Advokat Sejak berlakunya UU nomor 18 tahun 2003 tentang advokat, sebutan bagi seseorang yang berprofesi memberikan bantuan hukum secara swasta - yang semula terdiri dari berbagai sebutan, seperti advokat, pengacara, konsultan hukum, penasihat hukum - adalah advokat.
  • Pengacara sesuai dengan kata-kata secara harfiah dapat diartikan sebagai orang yang beracara, yang berarti individu, baik yang tergabung dalam suatu kantor secara bersama-sama atau secara individual yang menjalankan profesi sebagai penegak hukum plat hitam di pengadilan. 
  • Konsultan hukum dalam bahasa Inggris counselor at law atau legal consultant adalah orang yang berprofesi memberikan pelayanan jasa hukum dalam bentuk konsultasi, dalam sistem hukum yang berlaku di negara masing-masing. Untuk di Indonesia, sejak UU nomor 18 tahun 2003 berlaku, semua istilah mengenai konsultan hukum, pengacara, penasihat hukum dan lainnya yang berada dalam ruang lingkup pemberian jasa hukum telah distandarisasi menjadi advokat.
  • Jaksa dan polisi. Kepolisian atau polisi berperan untuk menerima, menyelidiki, menyidik suatu tindak pidana yang terjadi dalam ruang lingkup wilayahnya.
Sumber : Harwantiyoko, Neltje F.Katuuk. MKDU Ilmu Sosial Dasar. Jakarta. 1996
Sumber : Wikipedia.Org

Manusia dan Kebudayaan

Selasa, Oktober 11, 2011 Posted by n.hadiyati , , , No comments
Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun. Budaya tercipta dari kegiatan sehari hari dan juga dari kejadian – kejadian yang sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa

Manusia dan Tanggung Jawab

Selasa, Oktober 11, 2011 Posted by n.hadiyati , , , No comments

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau menanggung akibatnya.

Internalisasi Remaja

Selasa, Oktober 11, 2011 Posted by n.hadiyati , , , No comments

Masa Remaja adalah masa transisi dari masa kanak-kanak menuju dewasa secara psikologis dimana Remaja mungkin berada dalam kondisi anomi (kondisi tanpa norma), orientasi mendua (orientasi yang bertumpu pada orang lain)

Menurut Stanley Hall (dalam Santrock, 2003) usia remaja berada pada rentang 12-23 tahun. Berdasarkan batasan-batasan yang diberikan para ahli, bisa dilihat bahwa mulainya masa remaja relatif sama, tetapi berakhirnya masa remaja sangat bervariasi. Bahkan ada yang dikenal juga dengan istilah remaja yang diperpanjang, dan remaja yang diperpendek

Pemuda dan Sosialisasi

Selasa, Oktober 11, 2011 Posted by n.hadiyati , , , No comments

Pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya terbebani bermacam-macam harapan , terutama dari generasi lainya.hal ini dapt dimengerti karena pemuda diharapkan sebagai generasi penerus , generasi yang harus mengisi dan melangsungkan estafet pembangunan secara terus menerus.

Friendship Around Me

Selasa, Oktober 11, 2011 Posted by n.hadiyati , 2 comments


When the sun shines, we'll shine together
Told you I'll be here forever
Said I'll always be a friend
Took an oath, I'm a stick it out till the end

dari masa sosialisasi primer aku menemui banyak orang dan kepribadian yang jujur tak pernah sama, karena itulah manusia diciptakan dengan penuh keunikkan serta misteri, ada beberapa yang hanya bisa mencapai tahap teman dan ada beberapa yang menuju tahap persabatan dan ada beberapa yang malah harus menjadi musuh *jangan sampai deh kejadian.

Di TK Pembina *berhubung udah lama banget gak begitu inget jumlah satu kelas di B2 ini, tapi yang aku inget itu Jajak (dia ini adek temen kakakku) anaknya gendut putih mirip banget sama kakaknya dewi, terus Galih (eh ketemu lagi ma dia pas SD) yang tinggi besar dan ini juga sahabar sejawat karena adik teman kakakku, Femmi (sama berlanjut juga di SD) ini anaknya hitam manis kayak pakistan gitu jago banget masalah gambar tapi di kelas 4 SD nanti dia pindah :'( dan Cici (dulu tinggalnya di patam lestari tapi sekarang lost contact) Anak A2 cantik putih bersih ya ampun suaranya lembut lagi.

Aku yang gak liat kamera *bodohnya aku hha (yang ditengah  baju putih si galih)

Di SDN 005 mulai dari kelas 1B hinggan 6A teman satu angkatan itu ada 50 orang lebih deh cewe-cowo digabung, dulu sering banget istirahat ngumpul buat sharing pelajaran sama Titi Ayu ini rambutnya panjang yah walau sekarang di potong pendek terus dia pakai kecamata, Devita Ratna Puspita ini anaknya agak pendek dan putih, Resti Hadya rambutnya ikal dan mukanya padang abicth, Novita Ogana ini model banget di SD dia tinggi dan putih banyak yang naksir. dan bareng untuk have fun sama Nanda Aulia Novtika yang kutilang darat banget, Rezza Willia yang udah kayak bodyguard banget kalau mukul suka gak make perasaan tapi anaknya baik, Wulandari yang cantik namun agak lemot, aku sering banget manggil dia cleron, dan berhubung teman have fun ini punya pasangan yaitu Ido, Dedy, dan Migranto (cinta monyet bener dah mereka) jadi makin ramai deh temen-temen, untungnya sama temen SD yang 50 orang ini masih sering komunikasi dan beberapa suka hadir dalam acara buka puasa bersama.

Alay Banget ya Allah :P
Bareng Devita, Titi, dan Rezti

Di SMP 3 mulai dari 1.7 hingga 3.6 yang satu kelas 40 *belum tambah kenalan kelas lain. dan dulu pas kelas 1 jujur aku gak nemu teman yang common interestnya banyak dan malah sibuk pacaran sampai akhirnya putus hhe, di kelas 2 aku punya dua temen yang enak banget di share masalah musik yaitu Ari Sanjaya anaknya tinggi botak jagoo banget mainin gitar melodi dan Abi Nursalam si bassist yang tinggi juga *sayang karena cekcok kami jadi lost contact dan aku malah ketemu Abi canggung di Gunadarma, kemudian kelas 3 aku sering banget bareng Dewi Nurbaniah (sekarang Anak Binus nih) anaknya putih cantik dan penggila berat My Chemical Romance, Desi Lili Anggraini anaknya kecil putih dan suka banget sama Westlife, Sari Hardiani yang putih dan pinter banget masalah orasi ini dan Vania Diah Kinanti yang tomboy parah (ambil sekolah keagamaan kristen)

kembali dengan keAlayan yang sumpah bikin maluu :P, ini bareng  Sari, Dewi, Vania

Pas di Rumah aku punya teman yang Namanya Tony Sanjaya si Budha medan ini baik banget dan jago masak *sayang dia gak ngelanjutin sekolah, terus ada Randy Agung yang tinggi dan sekolah di SMK, terus ada Iwan si cina yang sekarang pindah ke Kalimantan *iwan ini teman SD, terus ada Rizki kecil yang dari SD juga gak nambah tingginya *ampun ki, sama ada Evendy yang selalu misterius deh, bersama mereka suka share keAlayan bareng dulu dari jalan-jalan naik motor sampai belajar bareng sebelum UAN SMP

Take By Rizki
Di SMAN 1 mulai dari X.D sampai XII IPS 1 yang kurang lebih satu kelas ada 40 orang dan teman kelas XI ama XII itu gak dipencar jadi pas mulai kelas dua ini deh nemu temen yang common interestnya banyak banget , mereka adalah Karina Devianta (teman kosan dan Gunadarma) anaknya kecil putih terus kalem banget aslinya, Rachel Roitona (Perbanas) si hitam manis sexy, Raissa Romastarika (Univ Teknik Malaysia) beneran deh dia sering di panggil doraemon , dan temen cowo yang cukup ngasih info luas tentang komputer  dan gaming si Muhammad Fadli Imran (Brawijaya) yang selalu deh sabar kalau dengar curhat teman-teman dan dia ini bos pokoknya , Harry Andhika (Udayana) mukanya sih dibilang udah tua plus dukungan uban kebanyakan mikir ini pacarnya si karina, Fandy Achmad (Brawijaya) si pendiam yang tiba-tiba selalu mengagumkan prestasinya, M.Ichsan (Politeknik Batam) wah ini tukang otak atik segala, David Edward (USU) sering banget di panggil keong gara-gara loading lama.

Karina, Raissa dan Rachel
Fandy, David, Harry, Ikhsan, Fadli
dan Di Rohis dulu pas SMA aku punya teman Mentoring si Ningsih Eka Putri yang sekarang kuliah di Singapura ini bahasa inggrisnya jago banget, terus ada Cindy Rizky yang tugasnya selalu dikerjain sendiri dengan sempurna, sama ada Rahma Yulia yang alim banget *gak heran dia jadi ketua akhwat, dan Revi yang mamanya jualan di rumah makan padang dan enak banget *jadi laper, serta yang utama dan di rindukan itu Kak Youvita Maureen sama Kak Vany yang jadi kakak mentor aku

Kak Vany, Ningsih, CIndy, Kak Yo, Rahma, Revi
Terus juga aku kan sempat magang tuh kurang lebih sebulan di Restaurant yang didirikan ma tante aku, mungkin aku udah share yah di blog ini namanya Angkringan Tea Poci, dan di sana aku di trainer sama Mas Bambang yang baik banget dan kisahnya selalu ajaib, serta ada Mas Malik yang jago banget ngeracik mie rebus, ada Mas Kamal dan Jumadi yang asli melayu banget, ada Mas Yoz yang jadi supervisor aku pertama di baloi sama ada Mas Aliem si Chef yang sukanya musik metal hhe. umur mereka emang Om tapi mereka semua jadi kayak abang aku yang baik banget ngajarin cara kerja


Dan terakhir di Gunadarma aku nemu 50 orang di 1KA08 yang gak pernah ngumpul 50 karena selalu aja ada yang absen dan pertama kali itu aku kenal sama si Rany Denestasia ini orang cantik banget ayu lagi kalau jalan sama dia suka gak ngerasa aku cewe hhe bneran orangnya cantik semua senior juga mengakui, kalau yang kedua si Aprilianti Anwar juga gak kalah cantik dan dia tinggi posternya model banget cuman terkadang temen-temen yang lain suka bilang April jutek mukanya, terus ada si Fatrina Raysal si kecil yang imut banget pas ngelihat dia ya ampun bawaannya pengen nyubit pipinya, terus ada Nur Syifa yang chubby dan sedikit agak peka deh hatinya. teman cowokku ada M.Ridzki yang pakai kacamata, gemuk, suka motor , orang nya baik terus suka sama warna putih ama merah, tapi selalu galau *ayo semangat bangkitlah kawan, ada M.Iqbal Mudzakir yang bulu matanya pendek banget, dia kocak anaknya dan sedikit suka melakukan modus terselubung tapi bijak dan islami loh, dan yang terakhir si Andy Kusumah yang mukanya kayak anak SMP dan kecil ini, aku doyan banget ngejekin begang (kurus dalam sunda), 3 teman cowokku ini punya cita-cita habis Gunadarma mau coba Akpol *semoga lolos ya teman.
Rani, April, Rina, Syifa
Rina, Iqbal, Ridzki, Andy
Bareng anak Cewe di 1KA08 *kurang sheila dan ada cowo nyelip
Aku sayang sama semua teman-temanku dan aku harap mereka selalu sayang sama aku, mereka orang baik dan jangan sampai jadi orang yang brengsek, buat yang gak kesebut harap maklum ya, tapi kalian semua yang udah kenal ama aku insya allah nama dan muka selalu terekam dalam memori

dan terakhir maaf kalau photo saya masih banyak polusi yang juga saya kaget kenapa bisa photo gitu

10 Oktober 2011

Edisi Galau Oktober

Senin, Oktober 10, 2011 Posted by n.hadiyati No comments
Setelah sekian banyak artikel ini blog tentang tugas saya melulu sekarang I'm Back dengan cerita kegalauan kali ini, berhubung banyak banget yang terjadi dalam hidup mahasiswa baru ini jadi makin berasa deh asam manisnya lemon tea *hhe gak deh nano-nano hidup jadinya.

dan kali ini dari sekian macam problem yaah gak usah diceritainlah ya jadinya curcol lagi dan pembaca pada enek ini lebay banget sih curcol jadi aku dalam hati cuman "yati kuat kok, yati bisa, yati harus tegar" meyakinkan diri dengan edisi seAlay mungkin hha.

jadi sekarang setelah kemaren R.I.P si Steve Jobs nah sekarang R.I.P my watch, baru dibeli september lalu dengan harga miring banget, curaman kampus gunadarma kelapa dua tepatnya kampus H mah kalah ama miringnya ini harga. tapi yah mau dikata ini jam udah gak bisa nemanin aku lagi 


dan yang terakhir galau gara-gara charger BB aku akhirnya pulang juga ke maha penciptanya dengan keadaan mengenaskan , cukup menyakitkan harus kehilangan disaat fakta yang bermunculan BB mah always boros baterai.



semoga saya tabah yah menghadapi kegalauan saat Oktober 

08 Oktober 2011

Individu, Keluarga, Dan Masyarakat

Sabtu, Oktober 08, 2011 Posted by n.hadiyati , , , No comments


Makna Individu
Makhluk yang tidak dapat dibagi/dipisahkan antara jiwa dan raganya.
Berkembang sejalan dengan ciri khasnya masing-masing.

Makna Keluarga
Keluarga merupakan kelompok primer yang paling penting di dalam masyarakat. Keluarga merupakan sebuah group yang terbentuk dari perhubungan laki-laki dan wanita, perhubungan mana sedikit banyak berlangsung lama untuk menciptakan dan membesarkan anak-anak. Jadi keluarga dalam bentuk yang murni merupakan satu kesatuan sosial ini mempunyai sifat-sifat tertentu yang sama, dimana saja dalam satuan masyarakat manusia.

Makna Masyarakat
Masyarakat merupakan sekumpulan keluarga atau individu yang menempati suatu daerah tertentu. Definisi masyarakat itu sendiri adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.. Istilah masyarakat sendiri berasal dari sebuah kata dalam bahasa Arab yaitu musyarak. Lebih abstraknya, suatu kelompok masyarakat merupakan suatu jaringan hubungan antar entitas satu dengan yang lain. Masyarakat juga merupakan sebuah komunitas interdependen atau saling tergantung satu dengan yang lain

Hubungan Individu, Keluarga, dan Masyarakat

Sebelumnya kita mengetahui Individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungan sosialnya, malainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya. Sedangkan keluarga adalah unit satuan masyarakat yang terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat. Dan masyarakat itu sendiri adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati salam lingkungannya. 

Tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati itulah yang menjadi dasar kehidupan sosial dalam lingkungan mereka, sehingga dapat membentuk suatu kelompok manusia. Jadi individu, keluarga dan masyarakat memiliki hubungan yang sangat erat. Dimana keluarga terdiri dari beberapa individu dan masyarakat merupakan kumpulan dari keluarga yang menempati suatu daerah tertentu



Source : Harwantiyoko, Neltje F.Katuuk. MKDU Ilmu Sosial Dasar. Jakarta. 1996

Masyarakat

Sabtu, Oktober 08, 2011 Posted by n.hadiyati , , , No comments

Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati salam lingkungannya. Tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati itulah yang menjadi dasar kehidupan sosial dalam lingkungan mereka, sehingga dapat membentuk suatu kelompok manusia, yang disebut masyarakat.

Berikut di bawah ini adalah beberapa pengertian masyarakat dari beberapa ahli sosiologi dunia.
  • Menurut Selo Soemardjan masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.
  • Karl Marx masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatu ketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terbagi secara ekonomi.
  • Menurut Emile Durkheim masyarakat merupakan suau kenyataan objektif pribadi-pribadi yang merupakan anggotanya.
  • Menurut Paul B. Horton & C. Hunt masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut.
  • Drs. JBAF Mayor Polak menyebut masyarakat (society) adalah wadah segenap antar hubungan sosial terdiri atas banyak sekali kolektiva-kolektiva serta kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri atas kelompok-kelompok lebih baik atau sekelompok.
  • Prof. M. M. Djojodiguno tentang masyarakat adalah suatu kebulatan daripada segala perkembagan dalam hidup bersama antara manusia dengan manusia.
  • Hasan Sandily berpendapat bahwa masyarakat adalah suatu keadaan badan atau kumpulan manusia yang hidup bersama.

07 Oktober 2011

Keluarga

Jumat, Oktober 07, 2011 Posted by n.hadiyati , , , No comments

Kata keluarga berasal dari bahasa sansekerta "kulawarga" dimana kula berarti ras dan warga berarti anggota.

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan anggota keluarga tinggal dibawah satu atap dan saling memiliki sikap ketergantungan.

Menurut Salvicon dan Celis (1998) di dalam keluarga terdapat dua pribadi atau lebih yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, hidup dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan di dalamnya peran masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan kebudayaan.

Fungsi Keluarga

  • Fungsi Pendidikan dilihat dari bagaimana keluarga mendidik dan menyekolahkan anak untuk mempersiapkan kedewasaan dan masa depan anak.
  • Fungsi Sosialisasi anak dilihat dari bagaimana keluarga mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang baik.
  • Fungsi Perlindungan dilihat dari bagaimana keluarga melindungi anak sehingga anggota keluarga merasa terlindung dan merasa aman.
  • Fungsi Perasaan dilihat dari bagaimana keluarga secara instuitif merasakan perasaan dan suasana anak dan anggota yang lain dalam berkomunikasi dan berinteraksi antar sesama anggota keluarga. Sehingga saling pengertian satu sama lain dalam menumbuhkan keharmonisan dalam keluarga.
  • Fungsi Agama dilihat dari bagaimana keluarga memperkenalkan dan mengajak anak dan anggota keluarga lain melalui kepala keluarga menanamkan keyakinan yang mengatur kehidupan kini dan kehidupan lain setelah dunia.
  • Fungsi Ekonomi dilihat dari bagaimana kepala keluarga mencari penghasilan, mengatur penghasilan sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi rkebutuhan-kebutuhan keluarga.
  • Fungsi Rekreatif dilihat dari bagaimana menciptakan suasana yang menyenangkan dalam keluarga, seperti acara nonton TV bersama, bercerita tentang pengalaman masing-masing, dan lainnya.
  • Fungsi Biologis dilihat dari bagaimana keluarga meneruskan keturunan sebagai generasi selanjutnya. Memberikan kasih sayang, perhatian,dan rasa aman diaantara keluarga, serta membina pendewasaan kepribadian anggota keluarga.
Source : Harwantiyoko, Neltje F.Katuuk. MKDU Ilmu Sosial Dasar. Jakarta. 1996
Source : www.id.wikipedia.org

Individu

Jumat, Oktober 07, 2011 Posted by n.hadiyati , , , No comments

Individu berasal dari kata Individuum yang artinya tidak terbagi , dimana Individu digunakan untuk menyatakan kesatuan terkecil dan tidak terbagi serta terbatas.

Individu memiliki pengertian yaitu seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungan sosialnya, melainkan juga memiliki prilaku dan kepribadian yang spesifik dengan dirinya, didalam Individu dibentuk dari tiga aspek yaitu aspek organik jasmaniah, aspek psikis-rohaniah, dan aspek sosial-kebersamaan.

Individu dalam bertingkah laku menurut pola pribadinya ada tiga kemungkinan yang terjadi:
  • menyimpang dari norma kolektif
  • takluk terhadap koletif
  • mempengaruhi masyarakat

Ramen 1

Jumat, Oktober 07, 2011 Posted by n.hadiyati , , No comments

Buat yang pengen nyoba makanan jepang tapi yang masih cocok dengan lidah kita orang Indonesia, datang deh ketempat ini, Ramen 1 di Margocity Depok, tapi yah kalau kesana jangan kecewa kalau kamu harus waiting list dan mesan kursi, jujur ini tempat gak pernah sepi deh.

sumber gambar google

Ramen 1 ini cukup terbilang baru dan memiliki interior yang enak di pandang dimana di dominasi dengan kayu dan bambu yang makin membuat suasana jepang terasa dan interiornya beneran seperti warung ramen di jepang sana.

Sumber gambar google

dari namanya kita tahu kalau menu unggulannya itu Mie Ramen yaitu mie khas Jepang yang berasal dari Cina, memiliki ciri khas di kuah yang kerasa banget kaldunya, dan untuk di Ramen 1 ini ramen yang dijual emang gak begitu banyak jenisnya (buat yang pengen tahu jenis ramen ke sini ) tapi di sediakan 5 level kepedasan dari yang sedang sampai yang onfire *silakan dicoba.

Ramen disajikan bersama selembar besar nori, irisan lobak, irisan wortel, selembar setengah butih telur rebus dan yang lain tergantung pesanan deh.

selain itu ada menu lain kayak appetizer (Edamame, Agedashi Tofu, Fried agedashi Tofu, House Salad, dll); Ala Carte (Chicken Teriyaki, Chicken Karaage, Chicken Katsu dll); Donburi (Chicken Teriyaki don, Chicken Katsu Don,  Chicken Karaage don Chasiu Don, dll) 

Ocha Cold/Hot *Teh, tapi saran aku mending gak deh soalnya pas aku pesan ini tawar :) ,Lemon Tea, beberapa minuman seperti fruit punch (minuman segar non alkohol yang umumnya merupakan perpaduan buah dan jus) ada Lime Squash, Tropical Forest, Virgin Mojito, Mineral Water


*Untuk Biaya mungkin 1 orang 25000 deh kalau gak salah, soalnya aku kmren makannya membabi buta sih jadi gak itung :)

Alamat Ramen 1: Margo City, FL 1 No.17 Jl. Margonda Raya No. 358. Margonda – Depok

06 Oktober 2011

Kebudayaan dan Kepribadian

Kamis, Oktober 06, 2011 Posted by n.hadiyati , , , No comments
seiring dengan berjalannya waktu, dunia pun semakin berkembang dari tradisional menjadi modern dan semuanya pun berubah menjadi hal yamg lebih baru lagi

  • Zaman Batu 
    • Zaman batu tua (paleolitikum) Alat yg digunakan masih kasar, belum ada kegiatan menetap di suatu wilayah atau masih bersifat nomaden, dan melaksanakan sistem food gathering
    •  Zaman batu muda (neolitikum) telah memiliki kepandaian mengolah logam dari besi, masyarakat mulai terbentuk dan adanya sistem food producing

Selanjutnya munculah kebudayaan Hindu, Budha dan Islam
  • Hindu berasal dari india sekitar abad 3 sampai 4 di pulau jawa
  • Budha masuk sekitar abad ke-5
  • Ajaran budha dapat diatakan berpandangan lebih maju karena tidak menghendaki adanya kasta
  • Pada abad ke 15-16 agama islam dikembangkan di Indonesia oleh wali songo
  • Dalam prosesnya dikembangkan juga oleh para Gujarat, arab dan pakistan

Di Indonesia juga terdapat unsur kebudayaan barat diawali dengan kedatangan VOC yg membagi menjadi 2 lapisan sosial yaitu kaum buruh dan pegawai dimana Indonesia juga menerima kebudayaan Eropa ketika Inggris masuk ke Indonesia yang dapat dilihat dari bukti adanya agama Kristen Katholik dan Protestan

Menurut Para Ahli Antropologi terdapat Korelasi antara Kebudayaan dan Kepribadian di mana ketika seseorang mendiami suatu wilayah maka kebudayaan wilayah tersebut akan melebur dalam diri 

Source : Harwantiyoko, Neltje F.Katuuk. MKDU Ilmu Sosial Dasar. Jakarta. 1996

Penduduk

Kamis, Oktober 06, 2011 Posted by n.hadiyati , , , No comments
Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayan merupakan 3 Aspek saling berkaitan satu sama lain dalam hal Aspek Kehidupan.

  • Penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah tertentu.
  • Masyarakat menurut R.Linton setiap kelompok manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerja sama, sehingga mereka dapat mengorganisasikan dirinya berpikir tentang dirinya dalam kesatuan sosial.
  • Kebudayaan atau budaya berasal dari bahasa sansekerta buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi  atau akal) dimana berkaitan dengan nilai dan norma sosial yang menjadi ciri khas suatu masyarakat. dan menurut selo semardjan budaya adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta.

R.I.P Steve Jobs

Kamis, Oktober 06, 2011 Posted by n.hadiyati No comments


Salah seorang pendiri (co-founder) dan mantan CEO perusahaan Apple, Steve Jobs meninggal dunia hari Rabu (5/10). Jobs meninggal dalam usia 56 tahun, dan telah berjuang melawan kanker selama hampir satu dekade. 

Perusahaan teknologi Apple mengeluarkan pernyataan di situsnya Rabu malam, mengatakan bahwa mereka telah kehilangan seorang visioner dan jenius yang kreatif, dan bahwa dunia telah kehilangan seorang manusia yang menakjubkan. Pernyataan Apple juga mengatakan, jiwa dan semangat Steve Jobs akan terus menjadi landasan bagi perusahaan Apple selamanya

Steve Jobs mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif raksasa teknologi Apple pada bulan Agustus lalu. Dia telah berjuang melawan kanker pankreas sejak tahun 2003, dan menjalani transplantasi hati pada 2009. 

Dalam pernyataan tertulis, keluarga Jobs mengatakan bahwa ia meninggal dengan damai hari Rabu dan didampingi oleh orang-orang yang dicintainya. 

Kematian Steve Jobs - yang dilahirkan di San Fransisco, negara bagian California 24 Februari 1955 – hari Rabu (5/10), terjadi hanya sehari setelahApple meluncurkan produk iPhone terbaru (iPhone 4s) yang sangat ditunggu-tunggu. Produk baru iPhone 4s ini dilengkapi kemampuan untuk merespon perintah secara lisan. Perangkat ini dilengkapi dengan kamera berkualitas tinggi dan mempunyai kemampuan untuk melakukan sinkronisasi informasi di antara berbagai perangkat Apple lainnya.


You are great man with great inovation but unfortunately you died before i taste what you create
but I know what world said about you Jobs, 

05 Oktober 2011

Ilmu Sosial Dasar

Rabu, Oktober 05, 2011 Posted by n.hadiyati , , , No comments

Merupakan perpaduan dua ibu ilmu pengetahuan yaitu Ilmu Sosial di dalamnya terdapat Ekonomi, Sosiologi, Politik Antroplogi, Geografi, Psikologi, Sejarah, dll. serta Ilmu Budaya yang meliputi Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian, dll. Menjadikan Ilmu Sosial Dasar memiliki pengertian sebagai Ilmu yang mempelajari segala aspek gejala sosial dengan menggunakan pengertian-pengertian (Fakta,Konsep, Teori).

Ilmu Sosial Dasar sendiri memiliki tujuan dalam rangka pembinaan Mahasiswa sehingga menjadikan Mahasiswa Agar :
  • Menyadari adanya masalah sosial serta kenyataan di dalam lingkungan sekitar
  • Peka terhadap masalah serta dan ikut aktif dalam pencarian solusi
  • Menyadari bahwa masalah sosial itu komplek dan harus di pelajari secara kritis-interdisipliner
  • Memahami pola pikir ahli pengetahuan lain sehingga memungkinkan komunikasi dalam penanggulangan masalah Sosial

Ilmu Sosial dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial sering dianggap satu namun mereka tetaplah dua ilmu pengetahuan yang memiliki persamaan dan perbedaan.

Persamaan Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah dimana keduanya memiliki kepentingan dalam program pendidikan, lalu ISD dan IPS adalah bukan ilmu yang berdiri sendiri, serta kedua ilmu tersebut sama - sama mengkaji masalah dan kenyataan sosial.

Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah waktu pengajaran dimana kita mengenal IPS dari SD hingga SMA sedangkan di perkuliahan baru kita mengenal ISD, selain itu ISD lebih diarahkan dalam pembentukan sikap dan kepribadian sedangkan IPS bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan intelektual.

Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar meliputi tentang kenyataan sosial yang secara bersamaan menjadi masalah sosial , dimana dalam ISD penanggapan kenyataan dan masalah sosial dilakukan dengan pendekatan Interdisiplin/Multidisplin. selanjutnya ISD juga meliputi pengertian kenyataan sosial secara dasar untuk menangani masalah sosial yang dibahas dalam IPS, serta ruang lingkup terakhir yaitu keterkaitan antara timbulnya masalah sosial dan kenyataan sosial.

Sub.Bab Ilmu Sosial Dasar


Source : Harwantiyoko, Neltje F.Katuuk. MKDU Ilmu Sosial Dasar. Jakarta. 1996

04 Oktober 2011

Jaringan di Gunadarma

Selasa, Oktober 04, 2011 Posted by n.hadiyati , , , No comments
sedikit curahan hati jujur saat maksud Gunadarma bingung dengan kecangihannya *gak maksud sombong loh, tapi beneran kalau Gunadarma itu punya seabrek jaringan di Internet yang mungkin buat yang ngebaca juga bakal terpana.

Web ini merupakan sentralnya Gunadarma dimana istilahnya ini server untuk menuju cabang-cabang website Gunadarma yang lainnya, sedikit disayangkan karena website home ini jarang sekali di update padahal Gunadarma terkenal dengan IT, dan juga website ini kurang bisa berjalan dengan baik jika diganti ke bahasa Indonesia, tapi website ini cukup membantu mahasiswa sehingga tidak perlu menghafal bermacam-macam URL

01 Oktober 2011

Sabtu, Oktober 01, 2011 Posted by n.hadiyati No comments