My Life My Adventure and My Story

05 Oktober 2011

Ilmu Sosial Dasar

Rabu, Oktober 05, 2011 Posted by n.hadiyati , , , No comments

Merupakan perpaduan dua ibu ilmu pengetahuan yaitu Ilmu Sosial di dalamnya terdapat Ekonomi, Sosiologi, Politik Antroplogi, Geografi, Psikologi, Sejarah, dll. serta Ilmu Budaya yang meliputi Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian, dll. Menjadikan Ilmu Sosial Dasar memiliki pengertian sebagai Ilmu yang mempelajari segala aspek gejala sosial dengan menggunakan pengertian-pengertian (Fakta,Konsep, Teori).

Ilmu Sosial Dasar sendiri memiliki tujuan dalam rangka pembinaan Mahasiswa sehingga menjadikan Mahasiswa Agar :
  • Menyadari adanya masalah sosial serta kenyataan di dalam lingkungan sekitar
  • Peka terhadap masalah serta dan ikut aktif dalam pencarian solusi
  • Menyadari bahwa masalah sosial itu komplek dan harus di pelajari secara kritis-interdisipliner
  • Memahami pola pikir ahli pengetahuan lain sehingga memungkinkan komunikasi dalam penanggulangan masalah Sosial

Ilmu Sosial dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial sering dianggap satu namun mereka tetaplah dua ilmu pengetahuan yang memiliki persamaan dan perbedaan.

Persamaan Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah dimana keduanya memiliki kepentingan dalam program pendidikan, lalu ISD dan IPS adalah bukan ilmu yang berdiri sendiri, serta kedua ilmu tersebut sama - sama mengkaji masalah dan kenyataan sosial.

Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah waktu pengajaran dimana kita mengenal IPS dari SD hingga SMA sedangkan di perkuliahan baru kita mengenal ISD, selain itu ISD lebih diarahkan dalam pembentukan sikap dan kepribadian sedangkan IPS bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan intelektual.

Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar meliputi tentang kenyataan sosial yang secara bersamaan menjadi masalah sosial , dimana dalam ISD penanggapan kenyataan dan masalah sosial dilakukan dengan pendekatan Interdisiplin/Multidisplin. selanjutnya ISD juga meliputi pengertian kenyataan sosial secara dasar untuk menangani masalah sosial yang dibahas dalam IPS, serta ruang lingkup terakhir yaitu keterkaitan antara timbulnya masalah sosial dan kenyataan sosial.

Sub.Bab Ilmu Sosial Dasar


Source : Harwantiyoko, Neltje F.Katuuk. MKDU Ilmu Sosial Dasar. Jakarta. 1996

0 komentar:

Posting Komentar