My Life My Adventure and My Story

29 September 2014

Kebijakan Publik BEM FH UB 2013

Senin, September 29, 2014 Posted by n.hadiyati , , , , , , , No comments
Aku bukan orator ulung, bukan juga pemerhati segala hal printil-ptintil tentang pemerintah baik produk kebijakannya atau politiknya, aku tak jarang hanya menjadi silent reader atas opini yang beredar, tak jarang hanya mengdengarkan ketika diskusi meski terkadang tersulut ketika forum sepi haha, hal yang paling utama aku tak begitu menyukai aksi dijalan yang tanpa kajian jelas atau sekadar ceremonial belaka hmm mungkin jika reformasi terulang aku ingin jadi bagian, bukan tiba-tiba hanya ada pesan singkat yang berbunyi "kenakan almamatermu, ayo turun kejalan". Sangat jauh memang duniaku dari sana tapi selalu disitu terkadang aku ditempatkan... kenangan berputar setahun lalu ketika berusaha mengabdi dalam "Kebijakan Publik BEM FH UB 2013" Bermakna Bersamamu, Bergerak Melayanimu - KP!! Bergerak Merakyat
terimakasih untuk pengalaman dan kenangannya, jujur aku merindukan nuansa kerja seperti dulu, penuh kekeluargaan dan kehangatan :)

Berbagi Kisah (Geng KP BEM FH UB 2013)

Tak mudah untuk kita, Hadapi perbedaan yang berarti, Tak mudah untuk kita, Lewati rintangan silih berganti | Kau masih berdiri, Kita masih di sini, Tunjukkan pada dunia, Arti sahabat, Kau teman sehati, Kita teman sejati, Hadapilah dunia, Genggam tanganku | Tak mudah untuk kita, Sadari saling mendengarkan hati, Tak mudah untuk kita, Pahami berbagi rasa di hati | Kau adalah, Tempat ku membagi kisahku, Kau sempurna, Jadi bagian hidupku, Apapun kekuranganmu
-Arti Sahabat oleh Nidji

Menulis

Senin, September 29, 2014 Posted by n.hadiyati , , , No comments
Saya sangat bersyukur jika blog novel ini bermanfaat bagi banyak orang, tapi saya tak kan terlalu sedih bila ternyata blog novel tak membawa makna apa-apa. Bagi saya, menulis adalah semacam ritual untuk menasehati diri sendiri. Menulis seperti menciptakan "sosok kita" pada bentuk lain, kemudian membiarkannya bicara apa saja tentang kita dan pada saat tertentu menegur kelalaian kita. Tulisan itu hidup. Ia bernafas, bicara, bahkan denyut nadinya bisa kita rasakan - Azhar Nurun Ala dengan gubahan dalam buku seribu wajah ayah

25 September 2014

Lari

Kamis, September 25, 2014 Posted by n.hadiyati , , No comments
Kita pernah dilukai. Oleh ucapan orang lain.
Kita pernah ingin mati. Oleh tatapan orang lain.
Kita pernah ingin pergi. Oleh ketidak pedulian orang lain.
Kita ingin hujan-hujanan biar air mata kita tidak terlihat.
Kita ingin sendiri biar sedih kita tidak diketahui.
Kita ingin orang lain pergi, sebab mereka tidak peduli.
Hidup ini sulit bila kita terus menerus sibuk memikirkan apa kata orang.
-Kurniawan Gunadi

Rasanya ketika mengalami hal tidak mengenakkan diri hal pertama yang dipikirkan adalah lari, berhenti, mundur, putar arah, kabur. Tapi sadarkah ketika kita sedang memikirkan hal demikian kita sedang menghabiskan energi berpikir yang seharusnya bisa dialokasikan untuk melanjutkan perjalanan, karena kamu tau untuk melakukan sebuah pelarian akan sangat banyak persiapan yang harus kamu pikirkan dan itu hampir sama besar dengan persiapan untuk terus maju. jadi ketika memilih untuk lari coba tanyakan hatimu karena Insya Allah dialah pemberi fatwa terbaik karena merupakan titipan ilahi :)


Aku ini pernah berapa kali ingin berhenti, lari, kabur atau mengalami hal demikian ... Alhamdulillah itu semua hanya berhenti dikata "pernah" :D

Disabilitas

Kamis, September 25, 2014 Posted by n.hadiyati , , , 2 comments
Penyandang disabilitas merupakan istilah pengganti dari penyandang cacat atau orang dengan kecacatan atau orang cacat yang dahulu sering digunakan. Istilah ini disahkan pada Semiloka Terminologi “Penyandang Cacat” Dalam Rangka Mendorong Ratifikasi Konvensi Internasional Tentang Hak-Hak Penyandang Cacat pada tanggal 8-9 Januari 2009 di Gedung Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Bina Daksa (BBRVBD), Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Semiloka ini merupakan hasil kerjasama antara Komnas HAM bekerja sama dengan Departemen Sosial dan lembaga-lembaga terkait. Istilah penyandang disabilitas juga merupakan istilah yang digunakan pada skala internasional.


Lebih dari 600 juta penduduk di dunia memiliki gangguan fisik, sensorik, intelektual, atau mental dengan berbagai kondisi berbeda karena itu di Indonesia, pemerintah meratifikasi UN Convention on the Rights of Persons with Disabilities (Konvensi PBB mengenai Hak-hak Penyandang Disabilitas) atau disingkat UNCRPD pada November 2011. Diskriminasi terhadap penyandang disabilitas dilarang oleh banyak undang-undang. Terdapat dua perundang-undangan pokok mengenai penyandang disabilitas di Indonesia, yaitu Undang-Undang No. 4/1997 mengenai Penyandang Disabilitas beserta pengaturan implementasinya Peraturan Pemerintah No. 43/1998 (Upaya untuk Meningkatkan Kesejahteraan Sosial bagi Penyandang Disabilitas). Meskipun dalam prakteknya terkait disabilitas belum berjalan sebagaimana diharapkan


24 September 2014

Cantik

Rabu, September 24, 2014 Posted by n.hadiyati , No comments
Dari Amr ibnu ra : ”Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhisannya adalah wanita shalehah.” (HR.Muslim,Ibnu Majah dan An Nasai)

Semua wanita ingin tampil cantik, cantik secantik-cantiknya. Dalam Islam, muslim mempercantik diri artinya mempercantik diri luar dalam. Dan cantik, bila sesuai dengan tuntunan Islam adalah sebuah ibadah. Menurutku mempercantik diri adalah salah satu bentuk syukur untuk menjaga karunia yang diberi Illahi, ingatkah bagaimana bentuk muka kita saat kecil masih putih mulus dan mengemaskan... mempercantik diri adalah menjaga bukan merubah karna telah gamblang kita pahami bahwa merubah ciptaanNya itu tidak boleh jadi pahami batasan mempercantik diri ya :). Mempercantik diri adalah bentuk menghargai diri sendiri.

can·tik 1 a 1 elok; molek (tt wajah, muka perempuan); 2 indah dl bentuk dan buatannya: meja ini -- sekali; -- molek 1 sangat rupawan (tt orang perempuan); 2 cantik (bagus) sekali (antara bentuk, rupa, dan lainnya tampak serasi);

Dari Web ppssnh.malang.pesantren.web.id ada pertanyaan yang jawabannya begini : Hukum mempercantik diri dengan menggunakan alat-alat kosmetik tidak terdapat larangan dalam agama Islam. Hanya saja harus dijaga jangan sampai alat-alat kosmetik yang dipakai tersebut akhirnya membawa dampak negatif bagi pemakainya. Untuk itu sebaiknya ditanyakan kepada orang yang ahli dalam pemakaian alat-alat kecantikan tersebut.

Jadi yang mau aku bahas adalah pengalaman menggunakan alat kecantikan hhe :D sudah 21 sudah lebih sadar diri aja hehe selain memilih baju mana yang cocok juga memilih menjaga kebersihan muka. maka pada akhirnya aku memilih satu brand kosmetik bernama "wardah" tapi tetap untuk penampilan luar cuman bedak sama lips ice doang hhe :D

Makasih Kak Rani atas kado dari Wardah Lightening Series, Kak Dhana dari panduan gimana cara makainya. makasih kalian berdua untuk kesabaran kalau ditanya-tanya ini buat itu buat apa hhe.. Makasih Wardah karena alasan aku memilihmu karena kamu sudah tersertifikasi halal.

Alhamdulillah walaupun bertambah kerepotan tapi memang efek muka bersih itu kerasa banget :) sudah 3 bulan lebih pemakaian nih. jadi kamu kapan? kapan mulai menghargai diri sendiri wanita shalehah... aku hanya mampu menceritakan pengalamanan kecantikan luar, kecantikan dari dalam mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan.

Moment Sahabat hmm mungkin Saudara

Rabu, September 24, 2014 Posted by n.hadiyati , , , , No comments
Diriwayatkan, bahwa : Apabila penghuni Syurga telah masuk kedalam Syurga, lalu Mereka tidak menemukan sahabat2 mereka yang selalu bersama mereka dahulu sewaktu di Dunia. | Mereka pun bertanya tentang sahabat mereka kepada Allah: "Yaa Rabb.. Kami tidak melihat sahabat-sahabat kami yang sewaktu di Dunia soalat bersama kami, puasa bersama kami dan berjuang bersama kami". | Maka Allah berfirman: "Pergilah kamu ke Neraka, lalu keluarkanlah sahabat2 mu yang di hatinya ada iman walaupun hanya sebesar zarrah" (HR : Ibnul Mubarak dalam kitab "Az-Zuhd").

Al-Hasan Al-Basri berkata: "Perbanyaklah sahabat2 mukminmu, kerana mereka memiliki Syafa'at pada hari Kiamat nanti".

Ibnul Jauzi pernah berpesan kepada sahabat2 nya sambil menangis:
"Jika kalian tidak menemukanku nanti di Syurga bersama kalian, maka tolonglah bertanya kepada Allah tentang aku"

Terimakasih telah membersamai orang-orang yang datang dihidupku dan tak mau pergi, semoga diakhirat kita bertemu dalam indah dan damainya surga :')

Terimakasih untuk rasa hangat dalam hati, rasa aman karena selalu ada yang mendengarkan, dan untuk semua hal :')

Terimakasih kali untuk tak tersebut serta tersebutkan namanya, untuk Emir, Indri Sukmawati Djangko dan Ganjar Prima dalam dinamika persaudaraan kita, dalam membersamaiku dalam proses pembelajaran memahami indahnya iman dan islam.
Selamat Ulang Tahun untuk kita bertiga : 20, 21,22 :D


Mungkin sebenarnya kutipan sahabat ini hmmm mungkin saudara :D


Lagi-lagi ingkar janji maafkan ya :'( , niatnya jam 6 udah kumpul tapi ternyata dikarenakan demam yang kembali menyapa sehingga aku tiduran aja dikost, Indri ada agenda yang ternyata tidak jadi, Mas Ganjar yang berstatus penunggu kamar, dan ada Emir yang udah nungguin kita dirumah.

Aku dan Indri mulai ke Matos untuk beli kado untuk Emir sembari Mas Ganjar masih sibuk dengan aktivitasnya dikamar *loh. Akhirnya cuman tongsis yang gak dapet (benda ini trend banget sampai banting harga) dan meluncurlah kita menuju rumah Emir hhe cukup lama aku tidak main kesana, banyak perubahan tambah rapi loh.

Perangkat acara : Handphone, Sushi Peco-Peco Kabuki set A, Hoka-Hoka Bento
Ciyeee temanya Jepang-jepang gimana gitu, tidak secara disengaja karena niatnya kita ingin makan Bakso tapi waktu tidak memungkinkan dan petuah dari Emir adalah jangan beli Pizza Hut, KFC, dll yang diketahui notabene funding bagi Israel *subhanallah Emir :D

Rangkaian acara : Makan, tuker kado, buka kado, ngobrol sama kelaurga Emir, pamit pulang (pamit pulang hanya berlaku untuk Mas Ganjar karena Aku dan Indri menginap dan baru pulang pagi hari karena Indri kuliah jam 06.30 hhe ckck anak gadis pulang pagi)

Makasih untuk kadonya, Alhamdulillah saudara-saudaraku ini gak kodeproof hehe soalnya aku udah lama banget pengen buku "bukan untuk dibaca jilid 2" cuman harganya yang bikin urung hhe belum lagi aku juga msh ada beberapa buku yang belum kelar dibaca hhe, makasih bukunya yang sempat dicek dulu untuk "Kreatif sampai mati" via bbm dengan pertanyaan "bukunya bagus, udah punya?"

23 September 2014

Sepertinya Sakit Mata bisa jadi Wabah

Selasa, September 23, 2014 Posted by n.hadiyati , , No comments
Penyakit mata merah atau dalam istilah kedokteran disebut Konjungtivitis adalah penyakit mata yang disebabkan oleh infeksi menular pada konjungtiva atau selaput bening pada mata yang menutupi bagian mata berwarna putih serta permukaan mata dalam pada kelopak mata. Penyakit mata merah (konjungtivitis) disebabkan oleh bakteri atau virus, sehingga termasuk penyakit menular tapi dibeberapa kasus disebabkan karena kemasukan suatu benda ke dalam mata yang mengakibatkan iritasi. jika disebapkan oleh alergi maka tidak menular.

Alkisah kenapa mendadak tertarik dengan sakit mata adalah karena mengalaminya, karena hampir serumah tertular sakit mata ini, and you must know induk dari penularan adalah Omar Rausan Fikrijal haha, betapa malunya ketika daya imun orang dewasa kalah hmm tapi ternyata emang sakit mata ini termasuk penyakit kecil-kecil cabe rawit dah.

Ini dia pelakunya

22 September 2014

Rasa

Senin, September 22, 2014 Posted by n.hadiyati No comments
Jika kau merasa sesuatu dalam hatimu, kemudian akal mu mendefiniskan itu cinta maka lebih baik bungkam :) bungkam atau akad, knapa? aku penjunjung tinggi sunah menikah hhe tapi aku bukan pendukung nikah dini tanpa persiapan. Oh ya untuk rasa itu maka diamkanlah rasa, biarkan saja dia menari atau tertiup angin, jaga dia agar tetap selalu indah, agar tak perlu terjadi intervensi atas apa yang telah dituliskan dalam Lauh Mahfuz. 

Kemungkinan ketika mengungkapkan rasa tanpa akad yang didefiniskan secara umum dengan cinta adalah :

  1. Jadi pacaran tanpa batas waktu yang tidak ditentukan serta ketahanan iman yang tidak stabil dan rasa sudah memiliki yang terkadang menyebalkan 
  2. Jadi canggung, menghindar, intinya perubahan
  3. Alhamdulillah kalau langsung akad tapi ini pasti sesekian persen dari kejadian umum

P.S : Sebuah tulisan singkat, padat, semoga mengena, sebuah tulisan yang ingin sekali aku bisa praktekkan

Pembicaraan

Senin, September 22, 2014 Posted by n.hadiyati , , , No comments
Malam itu, ketika dikira anak perempuannya terlelap. Bapak berbicara kepada ibu di ruang tamu. Tentang segala kemungkinan yang terjadi bila anak perempuan satu-satunya diambil orang. Tentang sepinya rumah ini. Tentang masa tua. Tentang hidup berumah tangga. Kukira bapak berlebihan. Tapi warna suaranya menunjukkan kepedulian .Aku yang sedari tadi pura pura tidur, mendengarkan. Semoga aku bertemu dengan laki-laki yang lebih bijaksana dari bapak. Karena aku membutuhkan kebijaksanaannya untuk memintanya tidak meninggalkan bapak dan ibu sendirian.Ku harap ada yang menga-aamiin-kan.- Kurniawan Gunadi

Umurku sudah 21 Tahun, polapikirku bukan lagi tentang sekadar besok mau main kemana, besok pakai baju apa, enaknya makan dimana, bla..bla hhe terkadang aku merindukan polapikir masa lampau yang begitu polos, lugu, dangkal dan sebagainya. Umurku kini 21 Tahun, aku mulai memikirkan tentang sekitarku, aku mulai memikirkan tentang orang tuaku lebih sering dari biasnya, memikirkan hidupku yang bukan sekadar main, bermain, atau dipermainkan *loh

Pembicaraanku dengan kakak sudah lebih luas diumur 21 ini, bukan lagi sekadar tentang ada film bagus, artis ini sama artis ini, baju ini lucu. Akhir-akhir ini selain membicarakan tentang ideologi kita juga mulai menceritakan tentang orang tua, mulai berpikir begitu banyak terkadang memberi hadiah untuk teman dan tambatan hati *emang punya yat? haha tapi rasanya bisa dihitung jari pemberian pada orang tua. terkadang pembicaraan ini juga berlanjut pada bapak dan mama tentang hidup dan cara untuk hidup.

Catatan ke Purwokerto

Senin, September 22, 2014 Posted by n.hadiyati , , No comments
Bersama TIM UNSOED dan LO setelah penyisihan
Pagi itu mendadak dikirim pesan singkat dari Mas Ganjar nanyain tentang jadwal kegiatan dari hari kamis hingga sabtu, terus mendadak lagi ditelpon djairan buat nanyain hal yang sama. Akhirnya bertemulah didua titik kalau mereka meminta tolong untuk mengantikan dalam rangka lomba debat di UNSOED yang nama eventnya itu trilogy of coin yang fokusnya di MDGs diselenggarakan 18-20 September 2014.

14 September 2014

I am Flying Without Wings :)

Minggu, September 14, 2014 Posted by n.hadiyati , , , , 2 comments
Everybody's looking for a something / One thing that makes it all complete / You'll find it in the strangest places / Places you never knew it could be |  Some find it in the face of their children / Some find it in their lover's eyes / Who can deny the joy it brings / When you've found that special thing / You're flying without wings | Some find it sharing every morning / Some in their solitary lives / You'll find it in the words of others / A simple line can make you laugh or cry | You'll find it in the deepest friendship / The kind you cherish all your life / And when you know how much it means / You've found that special thing / You're flying without wings / So, impossible as it may seem / You've got to fight for every dream / ‘Cause who's to know which one you let go / Would have made you complete | Well, for me it's waking up beside you / To watch the sunrise on your face / To know that I can say I love you / At any given time or place | It's little things that only I know / Those are the things that make you mine / And it's like flying without wings / ‘Cause you're my special thing / I'm flying without wings | And you're the place my life begins / And you'll be where it ends |

I'm flying without wings

And that's the joy you bring I'm flying without wings

Pulang 2014

Minggu, September 14, 2014 Posted by n.hadiyati , , No comments
Akhirnya mulai semester ganjil setelah kemarin "ngecharge" hampir sebulan penuh lebih banyak bersama kehangatan keluarga :)
Pulang kali ini terlalu banyak cerita dan terlalu banyak tulisan yang tidak tertungkan dikarenakan tidak ada sarana dan prasarana hhe, sepertinya ide tulisan itu aku biarkan bersliweran diotak hingga menemukan spirit yang sama untuk menulis :)
Yang pasti waktu terus bergerak dan kenangan paling berarti adalah melihat Omar jalan untuk pertama kalinya dan Fakhri tengkurap :)

Dua Krucil
Pulang adalah tentang mereka *tolong abaikan mama dan kakakku yang tidak pakai jilbab ya huhu abis ini photo dirumah dan cuman ini aku bisa photo komplit walau kurang dhana
Bareng Sepupu yang lainnya:D
Sempat jalan bareng keluarga ini, ke masjid baru dibatam namanya Jabal Arafah, nonton bioskop "hijrah cinta" dan sungguh omar sangat tidak koperatif, makan KFC karena mama pengen banget dari umrah dulu. BAHAGIA ITU SEDERHANA