My Life My Adventure and My Story

09 Desember 2010

Tertelan Permen Karet

Kamis, Desember 09, 2010 Posted by n.hadiyati No comments

A : Ayoo tertelan permen karet, gak bisa keluar itu !!
B : Ah Masa sih ??
A : Iya permen karetnya nempel dalam perut
B : Jadi gimana dong ?? (T^T)

sering banget denger dialog kayak gitu pas kecil kalau gak dari kakak yah dari mama dan bapak, yang intinya anak kecil gak boleh makan permen karet, kalau ketelan nanti gak bisa keluar, atau kalau yang pintaran dikit bakal nenanginnya gini tenang permen karetnya cuman 7 tahun kok (lalu sang korban akan merasa seperti terjun kebawah jurang). dan jujur aja aku termasuk pihak korban yang percaya banget sama ini cerita dan pernah nangis gara-gara ketelan permen karet, tapi berhubung sekarang udah gede jadi gak mempan di bohongin gituan lagi, tapi emang masalah ketelan permen karet ini punya penjelasan ilmiah tersendiri.

Permen karet biasanya terbuat dari pemanis, perasa dan bahan sintetis (gum resin). Tubuh manusia dapat menyerap pemanis seperti gula dan bisa menambah kalori jika permen karet tersebut mengandung gula yang tinggi. Tapi pencernaan manusia tidak bisa mencerna gum resin. Biasanya dengan bantuan gerakan peristaltik dari usus (usus mendorong bahan tersebut), maka permen karet tersebut akan keluar saat orang BAB.

Tapi bukan berarti tertelan permen karet tidak berbahaya. Seperti dikutip dari Kidshealth, Minggu (3/1/2010), jika permen karet yang tertelan besar atau sering tertelan permen karet yang kecil-kecil bisa menimbulkan bahaya seperti dapat menghambat saluran pencernaan.

Salah satu bahaya terbesar jika permen karet yang dimakannya tertelan adalah anak berisiko tersedak. Ini biasanya terjadi pada anak yang belum memiliki mekanisme mengunyah dan menelan yang baik. Karena jika anak tersedak dan menutup saluran pernapasannya, hal ini bisa membuat anak susah bernapas dan berakibat fatal seperti kematian.
(taken from http://www.detikhealth.com)

Jadi apa yang harus dilakukan bila tidak sengaja menelan permen karet ??
  • Segera minum air putih yang banyak.
  • Hal ini menghindari agar permen karet tidak menutup kerongkongan yang menyebabkan tersedak, terutama pada anak-anak.

  • Untuk cepat mengeluarkan permen karet dari tubuh, juga bisa dibantu dengan makanan.
  • Makanan akan membantu mendorong permen karet sehingga gerakan peristaltik dari usus semakin cepat mengeluarkannya dari tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar