My Life My Adventure and My Story

12 Agustus 2011

Auld Lang Syne

Jumat, Agustus 12, 2011 Posted by n.hadiyati , No comments
Pasti pada masih inget sama lagu ini yang sering banget kita nyanyiin kalau lagi waktu perpisahan yang lirik Indonesia kayak gini nih :

kini tibalah saatnya kita akan berpisah
Marilah kita mohonkan pada Yang Maha Esa
 Semoga persaudaraan kita dikuatkan
Sejiwa janji kita untuk slama-lamanya
kala masa lalu masa indah penuh kesan
Semua budi baikmu kan selalu ku kenang

Auld Lang Syne adalah sebuah puisi karya Robert Burns, meskipun ada pula puisi serupa oleh Robert Ayton (1570-1638). Bahkan ada pula lagu-lagu rakyat yang lebih tua, yang menggunakan frasa serupa dan yang mungkin telah mengilhami Burns.

Betapapun juga, Auld Lang Syne adalah lagu terkenal di negara-negara berbahasa Inggris -- meskipun melodinya lebih mudah diingat daripada kata-katanya, yang sering keliru dinyanyikan dan jarang sekali dinyanyikan semua baitnya.

Judul lagu ini adalah dalam bahasa Skotlandia, dan dapat diterjemahkan secara harafiah sebagai 'sejak sudah lama sekali', 'dulu sekali', atau 'hari-hari yang telah berlalu'.

Auld Lang Syne biasanya dinyanyikan setiap tahun pada Malam Tahun Baru (Hogmanay di Skotlandia) di Britania Raya, Republik Irlandia, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan dan di Kanada yang berbahasa Inggris pada tengah malam dan menandai dimulainya tahun yang baru. Di Britania Raya lagu ini dimainkan pada penutupan Kongres (konferensi) tahunan dari Kongres Serikat Buruh (Trade Union Congress). Lagu ini juga dinyanyikan di banyak Burns Clubs, sebagai tandai berakhirnya makan malam Burns.

Lagu ini dinyanyikan juga sebagai lagu wisuda dan penguburan di Taiwan, yang menandai akhir atau ucapan selamat tinggal. Di Jepang, lagu ini pun digunakan untuk wisuda. Banyak toko memainkannya untuk megnantarkan pelanggan keluar pada penutupan hari perdagangan. Sebelum disusunnya Aegukga, lirik lagu kebangsaan Korea dinyanyikan dengan irama lagu ini. Di Angkatan Bersenjata India band memainkan lagu ini pada akhir parade para rekrut.

ini versi Dougie MacLean dalam album tribute, buat yang pengen download MP3 bisa ke sini nih

0 komentar:

Posting Komentar