My Life My Adventure and My Story

05 Agustus 2011

Algoritma dan Pemrograman 1

Jumat, Agustus 05, 2011 Posted by n.hadiyati , , , No comments
HHO (^O^)/ untuk pertama kalinya dalam blog ini aku hiasin dengan dunia sistem informasi yang bakal aku tekunin ini, blog ini pun bertambah semarak seperti otakku yang tambah semarak dan sedikit amburadul pas di kasih ilmu ini Algoritma dan Pemrograman 1 saat kuliah perdana ku.

tanpa basa basi busuk langsung aja aku kenalin ya Algoritma itu sendiri adalah ilmu yang menjelaskan tentang langkah-langkah dalam memecahkan suatu masalah, dimana dalam penerapannya harus memenuhi 4 syarat yaitu : memiliki titik henti atau batas, memiliki kesemibangan yang efektif dan efisien, jelas dan unik, serta terdapat input -proses -output.

Ok Contoh Algoritma dalam kehidupan sehari-hari itu bisa kayak lagi menghidangkan kopi ke tamu (contek punya dosen) , dimana langkah pertamanya panaskan air, tuang air ke gelas, campurkan dengan kopi, tambahkan gula, aduk rata, hidangkan ...

*tadaaa simpel kan tunggu dulu ini contoh ribetnya

kalau gak salah bunyi soalnya gini : jabarkan bilangan ganjil 100 hinggal 200
maka penyelesaiannya : 
  1. let a = 100
  2. if a/2 < > int (a/2) then print a
  3. if a>200 then end
  4. a = a + 1
  5. go to 2

  1. for a = 100 to 200
  2. if a/2 = int (a/2) then print a
  3. next a
  4. end

Hho (nada miris banget) (^_^;) langsung dah bengong apalagi habis itu langsung di kasih soal 3 biji dan aku hanya bisa terpana dibuatnya, ampun pak dosen lagi puasa hha ...oh ya ada lagi yang ketinggalan jadi selain itu aku di kasih tahu dikit-dikit bahasa BASIC (Beginners' All-purpose Symbolic Instruction Code) *Gilaaag bahasa anak komputer ini keren banget
  • Input = Input
  • Proses = Let
  • Output =Print
  • Pengurangan Data = For Next dibagi 3 hhe tapi yang aku inget yaitu INT/Integer (Pembulatan ke bawah) sama ABS/Absolut (Pembuatan nilai postif)
  • Menunjukkan proses berikutnya = Goto
  • Jika terpenuhi IF maka Then atau selanjutnya Else

Satu lagi deh yang berkaitan erat dengan Algoritma yaitu Flowchart (jadi inget dulu suka nghina-nghina kakak kok ngambar diagram aja ribet sih, kok anak IT maenannya gambar-gambar gitu, hha sekarang baru ikutan puyeng dah)

Flowchart adalah  sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan tipe operasi program yang berbeda.Sebagai representasi dari sebuah program, flowchart maupun algoritma dapat menjadi alat bantu untuk memudahkan perancangan alur urutan logika suatu program, memudahkan pelacakkan sumber kesalahan program, dan alat untuk menerangkan logika program. 


 Sekianlah ilmu yang aku peroleh dari Kuliah Perdana, semoga bisa bermanfaat bagi umat bangsa dan bernegara dan semoga aku makin akrab deh sama ini materi, kan udah kenalan hhe (#^.^#)


0 komentar:

Posting Komentar