My Life My Adventure and My Story

14 Juni 2012

Galau's Biography

Kamis, Juni 14, 2012 Posted by n.hadiyati , , , 2 comments
Galau ...
Merupakan kata dasar dari kegalauan yang sekarang sering banget didengar ditahun 2012 yang mengambarkan tentang campur aduknya sebuah rasa didalam hati, dan umumnya sangat lekat dalam kehidupan remaja, dimana remaja merupakan fase dimana manusia sedang mencari jati diri. Galau dan Remaja itu bagai pinang dibelah dua :')


GALAU, versi Kamus Besar Bahasa Indonesia 
ga·lau a, ber·ga·lau a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran), ke·ga·lau·an n sifat (keadaan hal) galau

GALAU, versi Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V Halaman 407 (2008) 
Galau berarti kacau (tentang pikiran); Bergalau berarti (salah satu artinya) kacau tidak keruan (pikiran); kegalauan berarti sifat (keadaan hal) galau.

GALAU, versi Google Translate dan Kamus Indonesia-Inggris John M. Echols dan Hasan Shadily 
Bahasa Inggris galau adalah hubbub atau confusion. Yang artinya, galau lebih menonjol kepada sebuah suasana pikiran yang sedang dilanda kebingungan.

Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa kegalauan adalah bentuk kegelisahan atau ketidaktenangan hati yang disebabkan oleh banyak hal dalam hidup kita seperti ketidakpastian dari dalam diri kita untuk menentukan arah perjalanan atau keputusan seperti apa yang kita ambil. Kegalauan merupakan rencana tuhan untuk membuat kita tumbuh lewat dewasa melalui sebuah rasa yaitu sakit, seperti motto dalam bahasa inggris "No Pain and No Gain". Kegalauan tidak boleh terlalu lama menguasai hati seseorang karena ketika seseorang tidak bisa mengontrol maka orang itu akan merasa tersisihkan dari lingkungan, merasa tidak diperdulikan oleh sekitar atau terasingkan, kemudian orang yang galau juga akan merasa kesepian dalam hidupnya yaitu merasa semuanya hening, merasa bahwa di Dunia ini hanya dialah sosok yang paling menderita.


Fakta yang terjadi mengenai kegalauan dan remaja pada abad ini:
  1. Galau sudah bergeser makna menjadi sedih
  2. Galau biasanya erat dengan masalah percintaan
  3. Banyak orang menikmati masa-masa galau mereka
  4. Beberapa orang malah menjadi lebih kreatif seiring dengan kegalauan mereka
  5. Social Media membuat orang jadi melebih-lebihkan kegalauan mereka. Padahal sih sebenernya gak gitu-gitu amat.
Dan dalam flowchart umumnya kegalauan dalam remaja yang kaitannya erat banget dengan percintaan


Kegalauan sebenarnya adalah hal normal, seperti yang dikatakan... Kegalauan membuat kita mengerti pentingnya mengontrol diri sehingga tercipta ketenangan hati, sehingga kita lebih mampu mengenal mana yang baik dan tidak baik dalam hidup kita.. Karena kita sendiri harus percaya bahwa tuhan selalu punya rencana

Kegalauan terutama karena cinta tidak boleh berlangsung secara lama karena :
  1. Galau cenderung menghasilkan keluhan dan itu akan mengganggu orang-orang disekitarmu walau sememprihatinkannya keadaanmu
  2. Disatu sisi galau bisa membuat orang terlihat konyol karena memunculkan sisi lemah seseorang yang sedikit berlebihan dan akan membuat segala pihak bingung harus percaya atau tidak
  3. Galau tidak pernah menyelesaikan, galau hanya mengajarkan rasa sakit, penyelesaian adalah dari diri sendiri yang sadar ingin keluar dari rasa sakit yang diberikan oleh kegalauan
  4. Pada akhirnya kita pasti menemukan titik terang dalam hidup dalam waktu yang tepat, jadi gak ada untungnya larut dalam kegelisahan, kesepian, keterasingan *lebih tepat mengasingkan diri, dan ketidakpastian

Dalam menghadapi rasa kegalauan hal yang perlu dilakukan adalah :
  1. Stop menempatkan dirimu dalam posisi keterpurukan, jangan kebanyakan mendengarkan lagu sedih, atau melihat film sedih... buat harimu penuh dengan warna
  2. Selalu berdoa dan beribadah, karena tuhan selalu mendengarkan kita dan tak pernah meninggalkan kita, dialah yang mengatur apa yang akan terjadi kepada kita, jadi berceritalah pada tuhan.
  3. Banyak bercermin dalam diri kita sendiri, kegiatan ini mampu menyadarkan kita tentang kelebihan kita *Gak boleh sombong tapi, akan menyadarkan bahwa kita pantas untuk memperoleh hal yang baik
  4. Beraktifitas sebanyak mungkin, sibukkan diri kamu pergi ketempat ramai, berolahraga, berorganisasi. Hal ini bisa membuat kita sadar ada begitu banyak hal yang harus diperhatikan
  5. Makan-Makanan manis, terbukti secara ilmiah bahwa makanan manis adalah mood booster, bahkan di film harry potter dinyatakan secara sekilas bahwa coklat mampu menghilangkan rasa hampa yang dihasilkan oleh dementor


Namun yang penting adalah kamu harus menghadapi semua masalahmu kedepan, langkah-langkah diatas bermaksud memberikan kamu solusi bukan malah menjadi perlarian dari masalah.. seperti quotes dalam film MIB "Dates, Months, Years, Always face it forwards" . Semua tergantung pada pribadi sendiri untuk bangkit karena hidup tidaklah berarti ketika penuh dalam kejaran dan tekanan

Sedikit artikel mengenai mempelajari kegalauan dari aurel from malesbanget.com

2 komentar:

  1. galau ya mba? kasiaan . :p hahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini juga tugas mas ridzki, mana tugasmu?? sini di komentarin haha

      Hapus