My Life My Adventure and My Story

15 Juni 2012

While there's life, there's hope

Jumat, Juni 15, 2012 Posted by n.hadiyati , , , No comments

"Hope is the thing with feathers
That perches in the soul
And sings the tune
Without the words
and never stops at all. "
Emily Dickinson

Kita sebagai manusia yang merupakan makhluk nyaris sempurna yang miliki akal untuk berpikir harus hidup dengan harapan, tetapi kita tidak bisa hidup menggantung semata pada harapan. Adalah baik untuk berharap yang terbaik. Tetapi hal itu tidak cukup. Kita tidak bisa hanya berharap – kita harus bertindak. bahkan ada yang mengatakan bahwa orang yang tidak memiliki harapan adalah orang mati dalam hidup ibarat orang itu telah berubah jadi zombie.

ha.rap.an
[n] (1) sesuatu yg (dapat) diharapkan: ia mempunyai ~ besar dapat memenangkan pertandingan itu; (2) keinginan supaya menjadi kenyataan: ~ ku agar ia kelak menjadi orang yg berguna bagi nusa dan bangsa; (3) orang yg diharapkan atau dipercaya: pemuda ~ bangsa


Harapan adalah takdir seorang manusia yang muncul dari berbagai macam dorongan tapiyang pasti dan utama harapan muncul untuk kehidupan yang lebih baik. Harapan adalah sesuatu hal yang harus diyakini dan dipercaya serta dilaksanakan dengan cara dan jalan yang benar... karena kita tidak boleh memberikan harapan palsu pada siapapun termasuk pada dirikita

Per.ca.ya
[v] (1) mengakui atau yakin bahwa sesuatu memang benar atau nyata: -- kpd ceritanya; -- akan kabar itu; (2) menganggap atau yakin bahwa sesuatu itu benar-benar ada: -- kpd barang gaib; (3) menganggap atau yakin bahwa seseorang itu jujur (tidak jahat dsb): beliau tidak -- lagi kpd Amir; (4) yakin benar atau memastikan akan kemampuan atau kelebihan seseorang atau sesuatu (bahwa akan dapat memenuhi harapannya dsb): -- kpd diri sendiri


Be.nar
[a] (1) sesuai sebagaimana adanya (seharusnya); betul; tidak salah: apa yg dikatakannya itu --; jawabannya -- semua; (2) tidak berat sebelah; adil: keputusan hakim hendaknya --; (3) lurus (hati): orang ini amat --; (4) dapat dipercaya (cocok dng keadaan yg sesungguhnya); tidak bohong: krn diancam akan dibunuh, ia memberikan kesaksian yg tidak --; (5) sah: keputusannya --; (6) sangat; sekali; sungguh: mahal -- buku ini


Harapan yang memenuhi syarat adalah harapan yang memenuhi nilai kebenaran seperti dapat diterima secara logika artinya bisa dibagi dalam tiga hal yaitu sesuai dengan nilai dan norma yang telah ada, memiliki argumen pendukung yang dapat dipertanggungjawabkan, harapan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari secara praksis.

Setelah kita sadar akan nilai kebenaran dari harapan maka kita akan bisa meyakini harapan itu agar terwujud... kita akan bisa mempercayai diri kita sebagai tokoh utama pemenuh harapan, kemudian kita akan bisa percaya pada orang lain, negara sebagai peran figuran dalam membantu terwujud harapan, serta tuhan sebagai sutradara yang mengatur jalan terpenuhnya sebuah harapan. semua memiliki peran masing-masing dan kita harus percaya seperti quote dari  Eleanor Roosevelt berkata "The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams"

A goal is a dream with a deadline with hope to fulfill


Harapan dan Cita-cita memiliki pengertian yang sama sebagai satu hal yang ingin dicapai, sesuatu yang diinginkan untuk terjadi, maka harapan berkaitan dengan masa depan yang masih penuh dengan misteri. Namun menurut saya harapan dan cita-cita memiliki perannya sendiri dalam hidup ini :

Cita-cita, biasanya dikaitkan dengan masa depan seseorang dan biasanya dihubungkan dengan profesi seseorang nantinya. Orang yang memiliki cita-cita adalah orang yang akan berusaha untuk mencapai cita-cita tersebut dengan sungguh-sungguh.

Sebuah harapan, biasanya diiringi dengan sebuah doa, doa yang ditujukan seseorang untuk dapat meraih apa yang diharapkan. Harapan adalah sebuah pebangkit, dengan adanya harapan, manusia akan bergerak dan bangkit, karena setiap manusia pasti memiliki harapan, setiap manusia pasti berharap, mereka memiliki hati nurani yang selalu ingin meminta, ingin selalu memiliki, dan ingin selalu merasakan apa yang namanya Anugrah

Don't live down to expectations. Go out there and do something remarkable. ~Wendy Wasserstein

"All our dreams can come true, if we have the courage to pursue them."
Walt Disney

Kesimpulannya Harapan adalah sesuatu yang dapat diharapkan atau keinginan supaya menjadi kenyataan. Cita-cita adalah keinginan yang selalu ada dipikiran. Intinya, cita-cita, harapan ataupun keinginan adalah sesuatu yang selalu ada di dalam pikiran kita dan selalu ingin diraih atau diwujudkan menjadi sebuah kenyataan walaupun meraihnya susah sekali.

"Semua orang boleh bermimpi, tapi mimpi bukanlah khayalan, bukan obsesi buta, mimpi adalah spirit, tenaga untuk bisa mewujudkan keinginan"
Ustadz Yusuf Mansyur


Ada 4 lilin yang sedang menyala. Sedikit demi sedikit habis meleleh. Suasana begitu sunyi sehingga terdengarlah percakapan mereka.

Lilin yang pertama berkata: "Aku adalah Damai. Namun manusia tak mampu menjagaku. Maka lebih baik aku mematikan diriku saja! Demikianlah sedikit demi sedikit lilin itu padam.

Lilin yang kedua berkata: Aku adalah iman. Sayang aku tak berguna lagi, manusia tak mau mengenalku, tak ada gunanya aku tetap menyala. Begitu selesai bicara, tiupan angin memadamkannya.

Dengan sedih giliran lilin ketiga bicara: Aku adalah cinta. Tak mampu lagi aku untuk tetap menyala. Manusia tidak lagi memandang dan menganggapku berguna. Mereka saling membenci, bahkan membenci mereka yang mencintainya, membenci keluarganya. Tanpa menunggu waktu lama, maka matilah lilin ketiga.

Tanpa terduga.... seorang anak saat itu masuk kedalam kamar, dan melihat ketiga lilin telah padam. karena takut akan kegelapan itu, ia berkata: "eh apa yang terjadi? Kalian harus tetap menyala. Aku takut kegelapan! Lalu ia menangis tersedu-sedu.

Lalu dengan terharu lilin keempat berkata: "Jangan takut, janganlah menangis. Selama aku masih ada dan menyala, kita tetap dapat selalu menyalakan ketiga lilin lainnya.

Akulah Harapan. Dengan mata bersinar, sang anak mengambil Lilin Harapan, lalu menyalakan kembali ketiga lilin lainnya.

Apa yang tidak pernah mati hanyalah Harapan. Jangan sampai kita kehilangan Harapan...

Untuk menjadikan harapan menjadi kenyataan dibutuhkan kepercayaan bahwa harapan itu benar, dibutuhkan usaha yang lebih keras dari biasanya, dan dibutuhkan doa yang teguh... Karena dalam hidup Doa tanpa Usaha itu mimpi kosong dan Usaha tanpa Doa itu Sombong

0 komentar:

Posting Komentar