My Life My Adventure and My Story

03 November 2010

Wangi Jeruk Mencegah Korupsi

Rabu, November 03, 2010 Posted by n.hadiyati No comments
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Chen-Bo Zhong, seorang asisten profesor di Toronto University mengadakan sebuah penelitian yang cukup menggembirakan bagi para bos (atau menteri?).

Dalam penelitiannya, dia menemukan bahwa lingkungan/ ruang kerja yang terang dan diberi wewangian citurs (seperti lemon, jeruk) dapat meningkatkan sifat ketulusan (tidak culas) dalam bekerja sehingga kemungkinan besar akan mengurangi resiko mereka korupsi atau berbuat curang. :D

Kondisi diatas (terang dan wewangian citrus) tidak hanya meningkatkan ketulusan tetapi tentu saja juga meningkatkan produktifitas secara langsung.

Sebaliknya, bila ruang kerja gelap (kurang cahaya) akan meningkatkan sifat yang tidak baik dan bisa juga akan berakhir dengan ketidakjujuran.

Walaupun teori ini masih diperdebatkan kebenarannya tetapi tidak ada salahnya dicoba diterapkan di kantor anda, lebih baik buang duit untuk beli lampu tambahan dan wewangian citrus dibanding uang anda hilang karena diambil (korupsi)"untuk yang percaya nih", kalau yang gak percaya "yah itung-itung kasih suasana baru buat tenagak kerja". :D

0 komentar:

Posting Komentar