My Life My Adventure and My Story

23 Maret 2012

Kita dan Cinta

Jumat, Maret 23, 2012 Posted by n.hadiyati , , , , No comments
"Sebuah cinta memang harus diungkapkan karena tidak pernah ada cinta yang disembunyikan, kecuali oleh seseorang yang terlalu mencintai dirinya sendiri."
(Donny Dhirgantoro dalam 5 cm , 2005)

CINTA...

Gak segampang the bagindas buat ngeja jadi C.I.N.T.A, dan gak semudah khalil gibran dalam puisi-puisinya, karena cinta adalah emosi, sebuah rasa mengenai kita dan orang lain, mengenai keperdulian kita, sangking ribetnya makna cinta bahkan agnes monica pernah nyanyi cinta ini kadang-kadang tak ada logika, berisi semua hasrat dalam hati ...

KASIH...

Perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia, perasaan ini akan timbul apabila manusia tersebut mempunyai rasa memiliki dan menyayangi.

Cinta dan Kasih memang tak bisa dipisahkan satu sama lain, tapi Cinta adalah sumber perasaan dan Kasih adalah bagaimana menunjukkan rasa itu kepada orang lain. didalam kehidupan ini tak pernah lepas dari yang namanya cinta dan kasih karena manusia adalah makhluk sosial, membutuhkan orang lain untuk hidup.


Love is patient, love is kind. It does not envy, it does not boast, it is not proud. It does not dishonor others, it is not self-seeking, it is not easily angered, it keeps no record of wrongs. Love does not delight in evil but rejoices with the truth. It always protects, always trusts, always hopes, always perseveres.
(Konritus 13)

And of His signs is that He created for you from yourselves mates that you may find tranquillity in them; and He placed between you affection and mercy. Indeed in that are signs for a people who give thought.
(Ar-Rum 21)

Dua qoutes ayat dari dua kitab yang berbeda dan dua agama yang berbeda pula menunjukkan bahwa semua agama mengajarkan tentang cinta kasih, karen cinta dan kasih adalah kedamaian didunia dan diakhirat, menurutku sendiri cinta dan kasih itu sama kayak pengalaman yang dijabarkan oleh bapak C.S Lewis : Experience is a brutal teacher, but you learn. Cinta dan kasih bukan sekadar tentang tawa tapi melainkan tentang merengkuh menjadi satu baik suka maupun duka.

Cinta dan kasih dalam hidup ini memiliki banyak bentuk yang bisa dijabarin dikarenakan cinta dan kasih adalah penggambaran bentuk perasaan baik dimuka bumi, pengambaran perasaan yaitu:

  • Perasaan kepada Tuhan
    • Maksudnya ada perasaan mendalam mengenai kepercayaan dan keyakinan, mencintai Tuhan Semesta Alam, mengikuti semua perintahnya dan menjauhi larangannya.sehingga kecintaan kepada agama membuatnya berusaha menjadi pribadi yang lebih baik, Cinta ini memberi kekuatan untuk hidup, sebaik-baiknya cinta adalah mencintai sang pencipta.
    Cinta membuat kita mengenal siapa diri kita dan siapa Pencipta, dan menyadari tidak ada cinta yang lebih besar di dunia ini kecuali cinta Sang Pencipta kepada makhluknya, tidak ada cinta yang bisa dimiliki oleh manusia, kecuali cinta dari Sang Pencipta yang tidak pernah berpaling dan selalu mencintai makhluk terbaik ciptaan-Nya. memberikan hal yang dibutuhkan... itulah cinta
    (Donny Dhirgantoro dalam 5 cm , 2005)

  • Perasaan kepada diri sendiri
    • Dimana hal ini diperlukan karena ketika kita cinta pada diri sendiri kita memiliki pegangan akan bertindak seperti apakah kita, kita tahu siapa diri kita, maka dari itu sering terdapat moto "just be yourself" , bahkan ada yang pernah bilang "You have to learn to love yourself or you'll be hurting yourself". namun jika cinta kepada diri sendiri dilakukan secara berlebihan maka hasilnya pun akan buruk yaitu menjadi narsisme.
      Andrew Morrison berpendapat bahwa dimilikinya sifat narsisisme dalam jumlah yang cukup akan membuat seseorang memiliki persepsi yang seimbang antara kebutuhannya dalam hubungannya dengan orang lain. Namun apabila jumlahnya berlebihan, dapat menjadi suatu kelainan kepribadian yang bersifat patologis. (Patologi merupakan cabang bidang kedokteran yang berkaitan dengan ciri-ciri dan perkembangan penyakit melalui analisis perubahan fungsi atau keadaan bagian tubuh.)

  • Perasaan kepada keluarga
    • Cinta kepada keluarga memang tidak ada hentinya, bener deh quote dari novel perhaps you "A Family is a place where you can always come back to". sebobrok-bobroknya keluarga mu atau semiskin-miskinnya keluargamu, mereka adalah tempat yang dipercayakan oleh Tuhan untuk mendampingi mu dalam menjalani hidup, merekalah yang selalu bersedia menerimamu dengan tangan terbuka.
    What's something a father never able to tell to his child is how much he loves them and he's never able to embrace and say i love you,my child. And a mother, she keeps repeating to say love to her child, and it's doesnt matter for her if her child listen to it or not. But that doesnt mean a father only have little loves to his child and no one can imagine the amount of love that mother has for her child not even the mother because there is no measure for a mother's love. it's emotion that can only be felt.
    (Kabhi Kushi Kabhi Gham)

  • Perasaan kepada teman
    • Pertemanan adalah hal yang berharga dalam hidup, mencari teman sejati adalah salah satu hal tersulit dari hidup, bahkan difilm kartun pun sudah diperkenalkan nilai-nilai pertemanan, seperti kata patrick dalam film spongebob "Knowledge cannot replace friendship, Id rather be an idiot than lose you". begitu manisnya pertemanan. Dan teman sejati adalah bukan orang yang selalu ada untukmu karena mereka juga memiliki kebutuhan lain, bukan mereka yang selalu tertawa atau hang out bersamamu, tapi teman sejati adalah mereka yang ada disaat kamu butuhkan, yang mendengarkan keluh kesah mu dang bersedia menangis bersamamu.
    You're a true friend
    You're here till the end
    You pull me aside when something ain't right
    Talk with me now and into the night
    'Til it's alright again
    You're a true friend
    (Miley Cyrus-True Friend)

  • Perasaan kepada seseorang lawan jenis
  • "love is never about finding the hand that perfectly fits yours. it's about finding the one person who is willing to hold hands no matter, how unfit it maybey" (Tumblr)
      Ini nih yang sering diartikan dan diutamakan mengenai cinta padahal sebetulnya cinta kepada lawan jenis ini lebih kedalam pengambaran romantisme, asmara dan mungkin hawa nafsu. pengambarannya itu like he/she got their own way to care to cherish about us. Ketika jatuh cinta dengan lawan jenis rasanya mungkin benar seperti difilm-film dag dig dug, tapi yang pasti ketika kamu mencintai lawan jenismu, dia akan sanggup membuatmu merasa diinginkan dan layak diperjuangkan :)
    And we have gone through good and bad times.
    But your unconditional love was always on my mind.
    You've been there from the start for me.
    And your love's always been true as can be.
    I give my heart to you.
    I give my heart, cause nothing can compare in this world to you
    (A7x-Warmness On the Soul)

  • Perasaan kepada tanah air
  • Genta,"Salah satu mahadewi itu bisa juga berarti tanah ini, salah satu ibu itu...tanah ini."(Donny Dhirgantoro dalam 5 cm , 2005
      Ibu pertiwi telah menitipkan tanah kepada penerus bangsa, maka dari itu semua seharusnya menjaga tanah air agar ibu pertiwi tidak menangis, mungkin rumput tetangga akan terlihat lebih hijau, tapi percayalah beda rasanya ketika kita berada dirumah sendiri *Buat mahasiswa rantau ngerasain ini banget. Bung Karno menyatakan, patriotisme adalah kecintaan yang didasari atas hubungan gaib antara manusia dan bumi tempat mereka hidup atau mereka ditumbuhkan. Atas kecintaan itu mereka berani membela Tanah Air yang memberikan mereka kesempatan. Mulailah mengenal, mengerti, memahami, menghayati dan menjaga arti penting tanah air bagi kehidupan kita, semua pihak bertanggung jawab dalam pembangunan negeri, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia

    "I don't pretend to know what love is for everyone, but I can tell you what it is for me; love is knowing all about someone, and still wanting to be with them more than any other person, love is trusting them enough to tell them everything about yourself, including the things you might be ashamed of, love is feeling comfortable and safe with someone, but still getting weak knees when they walk into a room and smile at you.”
    (Anonym)

    There a bonds that we don't understand and don't need to understand, Bonds that are nameless.. that are just to be experienced, Bonds that dont have any boundaries.. no limits, Bonds that bind hearts together.. Bonds of passion, Bonds of Love
    (Kabhi Kushi Kabhi Gham)

    Saya cinta Tuhan dan saya tidak ingin membuat-Nya cemburu...
    Saya cinta Orang Tua dan saya akan terus berbakti...
    Saya cinta Orang-Orang di sekitar saya, mereka yang telah memberikan motivasi serta teladan (keluarga besar, guru, dosen, pemimpin, senior, dan semua sahabat terdekat) dan saya ingin tetap membuat mereka bangga...
    Saya cinta Tanah Air Indonesia, bagimu negeri jiwa raga kami...
    Saya cinta pada 'Dia' sejak beberapa tahun terakhir dan saya ingin menjaga ikatan ini...

    source :
    • http://google.com
    • http://id.wikipedia.org
    • http://elearning.unesa.ac.id/myblog/novia-ermawati/menanamkan-rasa-cinta-tanah-air-kepada-anak
    • http://elearning.gunadarma.ac.id

    0 komentar:

    Posting Komentar