My Life My Adventure and My Story

14 Mei 2013

Donor Darah Sebagai Gaya Hidup

Selasa, Mei 14, 2013 Posted by n.hadiyati , , , , , 5 comments

Akhirnya bisa juga melakukan sebuah ritual amal baru semoga bisa jadi ladang pahala hhe :)



Terimakasih BEM FH UB yang udah ngadain lagi donor darah dan saya bisa jadi bagian didalamnya, akhirnya setelah kurang lebih tiga kali mencoba donor ditolak karena alasan tensi hmm kalau berat badan mah memadai banget eh sekarang semuanya memenuhi kriteria yeah *Kepal tangan.

Sedikit cerita jadi donor darah itu adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian dipakai pada transfusi darah. syarat yang harus dipenuhi itu : Sehat, umur 17 - 60 tahun, berat > 45 Kg *Huahaha berat saya lebih dari cukup, Tekanan darah norma *ini yang susah habis kebiasaan rendah, HB 12,5 g/dL, gak lagi sakit, gak hamil atau menyusui atau mens buat yang cewek, bukan pemabok dan pemakai narkotika dkk, gak habis donor darah dalam kurun 3 bulan.

Tulisan paragraf atas murni salinan dari tas PMI yang didapet habis donor ditimpalin komentator spesial penulis #apasiih, dan ini juga ada manfaat terkait donor darah yaitu : Mengurangi resiko jantung dan stroke, mengurangi resiko hipertensi, melancar peredaran darah, mencegah kelebihan zat besi, membuat tubuh sehat dan bugar, pemaksimalan produksi darah merah, ajang cek kesehatan juga :D . AYOOO DONOR DARAH #promo

Donor darah itu sakit tapi gak pake banget, orang bohong dan berjiwa ksatria kali yang bilang kalau kayak digigitin semut hhe kalau saya sih jujur rasanya lumayan pas tarikan napas buat tusukin jarum dan mungkin agak-agak ngeri liat darah diambil sekantong hhe tapi beneran dibanding pengalaman dan manfaat it's worth jadi jangan takut ayoooo... kalau takut lemes dan pusing wajar kok soalnya saya yang awalnya pas donor paling berisik eh akhirnya lemes juga tapi langsung gak pusing setelah makan dan minum vitamin, intinya Donor Darah itu AMAN !! Gak semenakutkan yang kalian kiraaa :D

Nah ini ada tips sebelum dan sesudah mendonor dari blog tetangga semoga menambah kebermanfaatan :D
  1. Beberapa hari sebelum donor, makan makanan yang mengandung banyak zat besi, misalnya sayuran berwarna hijau.
  2. Bisa juga makan daging merah / seafood. Tapi kalau takut kolesterol dan lemak pada daging dan seafood, makan saja sayur hijau yang banyak.
  3. Untuk yang bermasalah dengan HB rendah, selama beberapa hari sebelum donor jangan minum kopi / teh karena akan membuat HB susah bertambah.
  4. Usahakan cukup tidur. Jangan begadang beberapa hari sebelum donor supaya tensi normal dan tubuh fit. Apalagi kalau besoknya mau donor, sangat tidak disarankan untuk begadang.
  5. Pada hari mau donor, ingat untuk sarapan. Kira-kira 1 jam sebelum donor. Ini sangat penting. Bagi yang tidak terbiasa sarapan juga disarankan untuk tetap sarapan. Sarapan yang ringan-ringan juga tidak apa-apa.
  6. Kalau donornya siang setelah makan siang / malam, hindari makanan berlemak / junk food / es krim / kentang goreng.
  7. Sudah selesai donor ingat untuk berbaring sebentar untuk menghindari efek samping yang mungkin muncul. Biasanya kalau kurang persiapan donor, efek yang mungkin muncul adalah kesemutan di bibir / hidung, menggigil.
  8. Setelah donor darah, minum banyak air selama 48 jam berikutnya karena tubuh memerlukan cairan, yang hilang pada waktu donor darah.
  9. Hindari aktivitasi fisik yang berat seperti olahraga atau angkat berat selama sekitar 5 jam setelah donor darah.
  10. Kalau merasa pusing atau melayang, sebaiknya tetap berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi dari kepala.
  11. Kalau terjadi pendarahan di lengan setelah perban dilepas, angkat tangannya selama 3-5 menit.
  12. Kalau ada memar di bawah kulit / hematom (warna merah, ungu, hijau) dikompres berulang 15 menit selama 24 jam.
  13. Tentu saja setelah donor, makan makanan yang tepat dan bergizi untuk dapat membantu mengisi kembali zat besi dan vitamin yang hilang. Tanpa zat besi, tubuh tidak dapat mempertahankan / memproduksi sel darah merah yang sehat. Makan juga makanan yang mengandung riboflavin / vitamin B2, B, dan tentu saja banyak minum air putih dan jangan minum air es.

AYO DONOR DARAH !! 

Bukti bisu habis donor darah dan sedikit agak memar *efek nadi yang memang payah plus cupu

Dan photo saya dimuat di blog BEM FH UB 2013 disini dan photonya ini bareng pak pres bem fh hihi *ngikik sombong parah, ntah kenapa kita malah jd kayak tahanan -___-

5 komentar:

  1. abis donor JANGAN LANGSUNG MAKAN MAKANAN SAMPAH...!!! Trus dijaga badannya, biar enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oyiiiii wisnu hahaha ampe di capslock segala -____-

      Hapus
    2. capslocknya rusak :p makanya donor jngan ngasal

      Hapus
  2. dengerin tuh.... jangan bandel haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. abisnya dia abis donor maunya Es teh manis lah, B** C*** lah, padahal kan darahnya baru berkurang. --"

      Hapus