My Life My Adventure and My Story

23 April 2013

Debat Mahkamah Konstitusi 2013

Selasa, April 23, 2013 Posted by n.hadiyati , , , , , 2 comments
Sebuah perjalanan panjang ...
Dari malam malam penuh kata
Dari siang siang penuh diskusi
berkutat dengan kertas, bergulat dalam argumen
Pembelajaran... Begitu Indah :)

Assalamualaikum Wr.Wb
Selamat Siang kepada ...
Dewan juri yang terhormat, Rekan Pro yang bersemangat, Hadirin yang berbahagia,
Dan Rekan Kontra yang sangat saya cintai... satu perjuangan
Kami dari Universitas Brawijaya
Saya  Nurhadiyati sebagai Pembicara 1,
Bagus Tri Adikarya sebagai Pembicara 2, dan Zihan Syahani Sebagai Pembicara 3
Salam Sejahtera untuk kita semua 

Dimulai dari beberapa minggu yang silam ketika namaku tercantum dalam peserta debat mahkamah konstitusi mewakili brawijaya, akhirnya langkah awal pun dimulai bareng Mbak Zihan Syahyani sama Mas Bagus Adikarya sebagai debater dan tak lupa Mbak Mira Fajriyah dan Mbak Iswatul Hasanah yang jadi official yang luar biasa dan tanpa letih :)


Dimulai dari malam-malam lumayan panjang garap mosi perdebatan yang bikin aku tahu banyak tentang bagaimana landasan berpikir dari mulai paradigma mendasar, filosofis, teoritis, amanat konstitusi, yuridis, historis, dan tak lupa sebuah gagasan baru yang progresif dan aplikatif atau novely :D, dari malam-malam yang cukup mengkorupsi jam tidur tapi tak mengapa... ada sebuah latihan berbicara dengan baik, ada sebuah kemampuan baru untuk memahami secara komprehensif dari dua sisi. Malam-malam panjangi tu berisi keseriusan, canda tawa :)

Perjalanan lumayan tak kalah panjang ketika dari bandara malang menuju jakarta, ketika cuaca tidak mendukung dan akhirnya pesawat harus mendarat di Palembang, belum lagi ketika akhirnya pukul 1.00 Pagi kita semua baru menyentuh pusat pendidikan pancasila dan konstitusi di Jl.Raya Puncak Km 83, Cisarua. tertidur dengan lelap dilanjutkan esok dengan opening ceremony dan TM yang akhirnya dengan tanganku menempatkan universitas brawijaya di grup yang katanyaa neraka hhe bareng UNAIR dan UGM. dan malam pun dilanjurkan dengan diskusi singkat dan jelas tentang strategi esok hari :)

Pertandingan pertama sekaligus terakhir bagi Universitas Brawijaya di babak penyisihan dimana skor kami adalah menang 1 dari 2 pertandingan :') , dua buah mosi yang sempat diperdebatkan yaitu Hukuman Mati bagi Koruptor dan Larangan Presiden sebagai Ketua Partai ... semoga antitesis-antitesis kemarin mampu menghasilkan sintesis untuk Indonesia lebih baik lagi. sempat tertunduk namun tak lama karena senior-seniorku yang luar biasa tetap menunjukkan senyum dan mengajarkan aku untuk bangkit yeaaaah !!!!

Menghabiskan waktu dengan bersama-sama, hunting makanan di antah berantah dengan harga bogor yang ikut arus jakarta jadi mahal banget, belum lagi suasana toko yang kebanyakan toko arab.. hmm sunggu sangat membingungkan :S, pada malam terakhir aku pun memulangkan diri hhe dijemput Dhana dan Mas Jodi untuk melepas kangen yang sumpah sekangen-kangennya sama kakak satu ini :D *agak Out Off Topic nih.

Mahkamah Konstitusi, Gedung putih yang megah dengan pilar-pilar besar sebagai penopang seperti simbolnya yaitu the guardian of constitution berada ... Aku tiba disana dengan keadaan hujan rintik-rintik, sedikit memisahkan diri dari delegasi Brawijaya karena nonton Final debat bareng si Dhana. dan akhirnya perjalanan Debat Mahkamah Konstitusi ditutup dengan Sunan Kalijaga sebagai Juara 1, UNPAD sebagai Juara 2, UNAND sebagai juara 3, Congratulation :)

***

Ada pikiran yang berkecamuk ketika aku yang masih anak bawang ini mungkin menghambat kakak-kakakku yang luar biasa untuk meraih piala itu.... ketika tiap latihan selalu jadi ajang motivation training sendiri untukku, ketika begitu bannyak tepukan dipundak yang menguatkan ku :) semoga dipertandingan kemarin aku memang memberikan yang terbaik yang aku bisa. Akan ada masa nama yang dipanggil sebagai juara 1 adalah Universitas Brawijaya, kata yang diteriakkan di Mahkamah Konstitusi itu adalah HUKUM BERSATU TAK BISA DIKALAHKAN :)


Kenangan ....

Malam-malam latihan bersama 

Photo pertama bersama debater MK 

Sriwijaya Air menuju Jakarta akhirnya mampir di Palembang

Breakfast Bareng

Kita Para Akhwat Pencinta Konstitusi :D

Hasil kreasi mbak iis *suka sama jilbabnya

Pengundian *tangan saya cinta banget sama kontra

First Experiences as DEBATER
tulisan mbak iis di blognya beliau tentang road to Debat MK di : http://iisiswatulhasanah.blogspot.com/2013/04/fakultas-hukum-universitas-brawijaya.html

2 komentar:

  1. semangat yatiii :D
    next time, pasti bisa menang syg, keep your spirit up

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks Inez, iya sapa tau next time kamu yang bisa bawa kemenangan juga buat FH hhe :)

      Hapus