My Life My Adventure and My Story

18 November 2011

Mengenai ORBS

Jumat, November 18, 2011 Posted by n.hadiyati 2 comments


ihh kok di photo ada bulet-bulet putih ya

satu kata yang terkadang di temuin kalau lagi ngomentari photo dan ujung-ujungnya berakhir mistis :P, mungkin penjelasan bulet-bulet yang dikenal dengan nama ORBS ini sebenarnya emang masih misteri, tapi kita nanggepinnya jangan kelebihan juga, inget kita punya tuhan loh :)

Dalam bahasa Latin, Orbs berasal dari kata Orbis, yang artinya benda-benda berbentuk bulat. Orbs sering tampak di banyak lokasi, mulai dari alam yang masih terjaga dan tempat-tempat spiritual dan ibadah.

Orbs adalah sebutan yang populer untuk bulatan anomali yang muncul pada foto.Dalam bahasa spanyol biasa disebut dengan canoplas.Dalam kamera dan video orbs muncul seperti bola, permata atau bulatan cahaya dengan ukuran gambar seperti bola golf sampai dengan bola basket

Sementara dari kacamata ilmiah, Orbs diduga merupakan partikel debu, uap dan tetesan air yang tertangkap kamera. Menurut pengamatan Mark Kimura Ph.D, peneliti dari Paranormal Research Investigation, Orbs akan sangat jelas terlihat saat kita menggunakan sinar flash ketika memotret, khususnya saat berada di daratan. Pantulan debu dan kawan-kawannya tadi akan membentuk bulatan dan terlihat seperti Orbs. 

Pada teknologi fotografi digital khususnya untuk penggunaan kamera ultra compact, orbs disebut juga sebagai orbs backscatter. orbs backscatter biasanya terjadi karena konstruksi lensa dan built-in flash yang berdekatan pada kamera multi-compact tersebut sehingga mengecilkan sudut pencahayaan ke lensa dan otomatis menaikkan refleksi pencahayaan pada partikel-partikel yang hampir tak terlihat dengan mata telanjang di depan lensa. Oleh karenanya, orbs backscatter bisa dihasilkan dari partikel-partikel seperti debu, bubuk dan partikel cair yang jatuh seperti misalnya derai air hujan

Namun, dugaan tadi kembali diragukan oleh penemuan foto bawah laut milik Joan Ocean, seorang ilmuwan yang peduli tentang kehidupan laut. Dalam foto tersebut, Orbs tetap muncul, padahal foto itu diambil di bawah laut. Penjelasan lain yang cukup menguatkan adalah posisi Orbs yang selalu berubah-ubah setiap waktu dan menghilang kapan saja. Sementara kenyataannya, debu dan partikel halus sifatnya menempel dan baru menghilang apabila dibersihkan. Makanya, seringkali penampakan Orbs sering diartikan sebagai adanya makhluk halus di tempat mengambil foto tersebut yang bisa berkembang menjadi seperti kumpulan awan atau asap, dengan istilah Ektoplasma. Ektoplasma ini diduga sebagai transformasi hantu yang kedua sesudah orbs. 


2 komentar:

  1. infonya menarik ^^ selama ini gue hanya tahu dari sisi meta-fisikanya saja. ternyata kalau penjelasan fotografinya begini ya.

    BalasHapus
  2. infonya menarik ^^ selama ini gue hanya tahu dari sisi meta-fisikanya saja. ternyata kalau penjelasan fotografinya begini ya.

    BalasHapus