My Life My Adventure and My Story

21 Januari 2012

STOP SOPA dan PIPA

Sabtu, Januari 21, 2012 Posted by n.hadiyati No comments
Udah beberapa hari ini ketika blogwalking atau walking dimana aja deh asal masih di Dunia maya banyak banget nemuin istilah SOPA dan PIPA, dan banyak banget yang bilang STOP SOPA DAN PIPA, jadi buat biar pada tahu alasannya kenapa? ini aku kasih penjelasan dari berbagai sumber :

SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Act) adalah undang-undang yang diajukan tahun lalu oleh senator dan pejabat tinggi AS dengan tujuan untuk melindungi hak cipta materi internet seperti video, musik, software dan semua barang digital dari pembajakan

Apa yang menjadi dasar perintah utama undang-undang SOPA dan PIPA ini ?
Pemerintah AS dan organisasi perusahaan pemilik hak cipta dapat meminta penyedia layanan internet (ISP) untuk memblokir akses ke situs web yang dianggap sebagai penyedia tempat pelanggaran hak cipta. Teknisnya, yaitu memerintahkan ISP untuk mengubah server DNS mereka (baca: mem-block) dari membaca nama domain suatu situs di negara luar AS yang menyimpan konten ilegal seperti video, lagu, atau photo / gambar.

Pemerintah AS dan organisasi perusahaan pemilik hak cipta dapat mengambil tindakan hukum untuk menggugat mesin pencari, situs blog, direktori, atau situs secara umum yang memiliki situs-situs blacklist untuk dihapus dari situs web mereka. Teknisnya, yaitu memerintahkan situs pencari seperti Google atau lainnya untuk mengubah query pencariannya dengan mengecualikan situs yang menyimpan konten ilegal.

SOPA dan PIPA bakal Berdampak besar banget buat Internet kedepannya !!!
Pertama kita sebagai penggunan internet udah gak bisa lagi nih sembarangan unduh file atau sharing-sharing lagi karena undang-undang nganggep itu adalah hal ILEGAL

Kedua, bayangkan ketika di Internet jadi banyak banget filter dan hasilnya internet bukan lagi media bersahabat buat mencari informasi, gak ada tuh moto INTERNET untuk Rakyat

Ketiga dan yang pasti bakal banyak banget blog dan situs yang bakal ditutup dikarenakan penggunaan misalnya logo, foto ataupun media lain yang diklaim oleh sang pemilik, bayangkan kita tanpa Blogger, Facebook, YouTube, Tumblr, Mediafire, Twitter, Flickr, dll

Pendukung dan Penentang
Dilansir PC World, Kamis (19/1/2012), di luar pemerintahan, pihak-pihak yang mendukung SOPA-PIPA kebanyakan terdiri dari perusahaan media. Termasuk label rekaman, jaringan TV, studio film, dan penerbit buku. Beberapa perusahaan yang tertarik untuk melawan penjualan tiruan produknya, seperti produsen produk kecantikan Revlon dan perusahaan farmasi Pfizer, juga muncul dalam daftar pendukung SOPA-PIPA.

Sementara itu di sisi berlawanan berdiri para perusahaan yagn bergerak di sektor teknologi. Mereka menandatangani sebuah surat terbuka untuk menentang rancangan undang-undang tersebut, dan mengirimkannya ke Washington. Pendiri Craiglist, eBay, Google, Mozilla, Twitter, dan Wikipedia, berada di antara mereka yang menandatangani surat terbuka itu.

Penemu Facebook sendiri terang-terangan menentang SOPA dan PIPA melalui status di akun resminya

Selain penentang dan pendukung, ada juga perusahaan yang berada di tengah-tengah antara media dan teknologi. Kebanyakan penerbit video game tetap bungkam terhadap persoalan tersebut. Namun kelompok dagang mereka, yaitu Enetertainment Software Association, mendukung rancangan undang-undang SOPA-PIPA. Busines Software Alliance (BSA) juga mendukung rancangan undang-undang tersebut, namun telah menarik dukungannya karena menilai peraturan itu sudah bertindak terlalu jauh.

Microsoft dan Apple, keduanya merupakan anggota BSA. Tapi Apple tidak menyatakan ke publik mengenai dukungan atau penolakan terhadap SOPA-PIPA, sementara itu Microsoft sekarang telah menentang rancangan undang-undang itu.


Rencananya anggota dewan akan melakukan pemungutan suara terkait dengan RUU tersebut pada 24 Januari nanti. Sedangkan untuk SOPA, Kongres masih harus melakukan rapat dengar pendapat dengan anggota dewan.

Jadi yang bisa kita lakukan adalah berikan suara kita untuk STOP SOPA DAN PIPA di sini:


tindakan STOP SOPA dan PIPA sendiri sebenarnya bukan menunjukkan aku pihak penentang sebagai orang yang bermental rendah dan gratisan, aku sangat-sangat menghargai mereka sebagai pencipta maka dari itu aku mengunakan karya mereka walau mungkin sedikit dengan jalan yang salah, aku cuman berpikir kita ini adalah makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain untuk saling berbagi, hidup itu memang ibarat magnet ada positif dan negatifnya jadi jangan dibikin rumit, "Life is never fair, and perhaps it is a good thing for most of us that it is not" by
Oscar Wilde

0 komentar:

Posting Komentar