My Life My Adventure and My Story

28 Juni 2013

Mentor, Mentee, Mentoring (Ebook)

Jumat, Juni 28, 2013 Posted by n.hadiyati , , , , , 2 comments

"Tarbiyah memang bukan segalanya,
Tapi segalanya berawal dari tarbiyah,"
Hasan Al Banna.


MENTOR
Mentor berasal dari perkataan Greek yang bermaksud rakan, kaunselor atau guru yang boleh dipercayai. Mentor biasanya terdiri dari orang yang mempunyai pengalaman dalam memberi pertolongan kepada mereka yang memerlukannya.

MENTEE
Mentee pula dirujukan kepada individu yang menerima pertolongan. Dalam memberi khidmat menolong, mentor yang berpengetahuan dan berpengalaman bertindak sebagai pembimbing, rakan dan guru kepada mentee yang memerlukan bantuan.

MENTORING
Kegiatan pembinaan, pengarahan dalam sebuah kelompok yang tetap dimana terjadi komunikasi dua arah antara Mentor dan Mentee untuk bertukat pikiran. Mentoring adalah menumbuhkan manusia — Helen Lowerie Marshall.

Mungkin kurang lebih pengertian itulah yang kamu temukan di literatur dan didunia maya tentang tiga kata yang berkaitan : Mentor, Mentee, Mentoring. Kata-kata yang menjadi dunia baru tersendiri dalam kehidupan ku hmm gak benar-benar baru sih karena di SMA sudah sempat berkenalan sempet jadi mentor dadakan juga, tapi rasanya aku akan terjun lebih dalam didunia ini dalam masa perkuliahan.

Opini tentang mentoring itu bukan sekadar nerima materi trus pulang, ada sensasi tersendiri mulai dari excited materinya apa dan blum lagi pas banget dulu kakak mentorku ngasih materi tentang palestina dan suruh kita baca bukunya shofwan al banna - palestine EGP dan jujur itu buku tebal pertama yang aku baca selain novel barat sekelas harry potter. kemudian recharge spriti, dan Mentoring itu ukhuwah... pertemanan yang manis dalam ikatan akidah

Menurut Wheeler & Cooper, yang diberi nama “Five Phase Mentoring Relationship Model”.

Phase one : purpose. Why I want to be a mentor? | niat. Kembali lagi pada tujuan awal. Mengapa ingin menjadi mentor? | Fase ini adalah fase permulaan dimana ‘suara hati’ seseorang mulai menunjukkan keingan untuk menjadi mentor. | mulailah dari bersyukur. Tularkan kebersyukuran mengenal tarbiyah kepada mereka yang belum mengenal.

Phase two : Engagement. Finding and Being a Mentor : how do I begin? | banyak mentor yang mengalami kesulitan ketika memulai. Wajar, jam terbang akan menjawab semua permasalahan | kadang, kesulitan terberat dirasakan ketika pijakan kaki yang pertama.

Phase three : Planning. Developing your mentoring action plan. How can I achieve my goals? How will we work together? | life is never flat, so does mentoring. Yang datar itu membosankan. Mentor harus mengasah kreativitasnya, menyusun “rencana” agar goal dari mentoring berjalan dengan baik.

Phase four : Emergence. Engaging in the conversation. What we are learning? | itu sebabnya, selain menjadi mentor, kita tetap wajib untuk dimentor. Dari sanalah kita mempersiapkan dan tetap belajar.

Phase five : Completion. Celebrating accomplishment. What are my next steps? | ini proses mengembangkan. Eksekusi dari planning phase 3. Mentor yang baik senantiasa berpikir “what next? What next? What next?” | Maka apabila kamu telah selesai dari satu urusan maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain”. (QS. Al Insyirah: 7)

Fase diatas memiliki tujuan memberikan efek bagi mentee sehingga pesan tersampaikan dengan baik dan sesuai sehingga terjadilah perubahan positif karena tarbiyah adalah tentang perubahan

Bismillah ...
"dan berbicaralah kepada mereka dengan pembicaraan yang berbekas pada jiwa mereka” (Q.S Annisa : 63)

Penunjang :
Games Saat Mentoring download 
Materi Mentoring 1 download
Materi Mentoring 2 download 
Materi Tarbiyah + Al Quran download 

Sumber :
Berbagai sumber yang diturunkan oleh Allah kemuka bumi :) alhamdulillah

2 komentar:

  1. Makin cinta aku sama kmu yatiii :*
    Keep istiqomah dear

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh aku kaget ada yg mkin cinta ;D alhamdulillah

      aamiin mbak, msh brusha brjlan ini

      Hapus