My Life My Adventure and My Story

24 Juli 2011

Ikizukuri Dish

Minggu, Juli 24, 2011 Posted by n.hadiyati , , No comments
Dari judulnya bisa kita simpulkan dua macam yaitu ini nama makanan (ya iyalah dari kata dish) dan yang kedua ini adalah milik Jepang. mungkin banyak makanan favorit kita yang asalnya dari jepang makanya hoka-hoka bento bisa laris, tapi ada alasan tersendiri kenapa kita gak pernah dengar ini jenis makanan di Indonesia. Ikizukuri ini jelas-jelas melanggar rasa keprihewanan.

Ikizukuri, berarti di siapkan dalam keadaan hidup (diulang sekali lagi dalam keadaan H.I.D.U.P) merupakan acara persiapan Sashimi (daging mentah segar) yang biasanya berasal dari seafood kayak ikan, lobster, cumi-cumi dkk yang mengalami nasib tidak beruntung jika harus di sajikan dalam teknik Ikizukuri ini.

dalam pemesanan ikizukuri beginilah kronologi yang terjadi Mula-mula pengunjung diminta memilih jenis hewan seafood mana yang ingin dia makan dari sebuah akuarium. Anda berhak memilih hewan yang paling segar, paling berbahagia, dan paling mensyukuri hidup. Kemudian sang koki akan menangkap hewan tersebut keluar dan melakukan ritual penyembelihan, tanpa membunuhnya. *sial sekali nasib hewan seafood yang hidup di jepang

Jika anda penggemar puzzle, ini menarik. Hewan tersebut akan dipancang di meja. Kemudian sang koki akan mengiris-iris daging hewan itu tanpa melukai organ vitalnya. Kemudian dia pun melakukan re-assembly layaknya menyusun puzzle 20 keping. Ini bagus hanya jika anda memandangnya dari sudut pandang artistik. Dari sudut pandang hewan, ini lelucon keparat *kan udah dibilang di atas tadi . dan yah terakhir selamat menikmati.

Oh ya praktek makan hidup-hidup ini udah mulai terkenal semenjak 1990an gitu dan ikizukuri ini di larang di Australia

dan terakhir untuk melengkapi posting sadis ini yang hanya bermaksud untuk sharing pengetahuan (soalnya aku juga gak setuju ma ini jenis makanan, walaupun dibilang tradisi yang penting di jepang) aku tampilin video deh.




0 komentar:

Posting Komentar