My Life My Adventure and My Story

08 Desember 2012

Politik itu Cinta #undefinition

Sabtu, Desember 08, 2012 Posted by n.hadiyati , , , , 1 comment

Politik menurut Aristoteles berarti
usaha yang ditempuh warga negara
untuk mewujudkan kebaikan bersama


Politik itu definisi umumnya adalah teknik untuk mencapai tujuan kalau boleh dibilang ya sebagai seni strategi lah... sayangnya definisi umum politik udah gak seindah itu, politik jadi kotor gara-gara politikus yang menghalalkan segala cara untuk tujuannya, politik jadi satu topik berat mengenai kekuasaan yang anti dibahas deh menurut saya hhe :D. dan sekarang Politik itu seperti cinta yang tidak bisa didefinisikan, you only now after you try ... it's about learning by doing

Paradigma politik nilai itu memang dimulai dari sebuah kecenderungan (OK.. jadi gak ada satu manusiapun yang bisa netral masalah tujuan) kemudian berkembang jadi keikut sertaan, pemberian sesuatu atau kontribusi dan yang terakhir adalah konsistensi. Langkahnya benar tapi menurutku sebenar-benarnya langkah itu adalah yang dil'akukan dengan kebaikan. bukankah kebaikan itu lebih utama daripada iman ...

Politik merupakan sebuah kompromi bukan koalisi semata


Dalam politik menurutku berlaku hukum sebap-akibat atau kausalitas kalau istilah inggrisnya you reap what you sow, kamu bakalan menerima apa yang kamu lakukan. Jadi ketika politikmu dilakukan dengan benar maka hasilnya juga pasti akan benar, sebaliknya jika salah maka salah juga deh hasilnya... coba diinget quote ini kebenaran adalah tetap dan tidak berubah.

Menurutku sesuai dengan hanya ada satu kesimpulan dari gonjang-ganjing dunia perpolitikan... ini bukan tentang menjatuhkan lawan tapi mengenai usaha untuk tujuan dengan cara yang terbaik. bukan aku yang benar dan kamu yang salah, tapi Maha Benar Allah dan kita bersama mengapai ridhonya, insya allah :')

Masing-masing orang berhak untuk berpolitik karena memiliki tujuan, bukankah perbedaan yang menyatukan kita semua nanti :) tapi coba untuk yang muslim mari renungkan arti ayat ini :

"Sesungguhnya orang-orang yang memecah-belah agamanya dan mereka (terpecah) menjadi beberapa golongan, tidak ada sedikitpun tanggung jawabmu terhadap mereka. Sesungguhnya urusan mereka hanyalah (terserah) kepada Allah, kemudian Allah akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka perbuat" [Al-An’am ; 159]

"Dan janganlah kamu termasuk orang yang menyekutukan Alloh yaitu orang-orang yang memecah-belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka" [Al-Rum : 31-32]

"Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara" [Ali-Imran ; 103]


Mari kita berpolitik dengan cara yang baik lagi benar sebagai bentuk usaha kita untuk perubahan kearah yang lebih baik, karena lagi-lagi saya ingat kata teman saya dan senior saya juga Jika kamu ingin perubahan tapi tidak ikut serta hanya berbicara saja maka itu adalah omong kosong, BERGERAK ATAU TERGANTIKAN tanamkanlah nilai Wamaa tasyaa u-illa an yasyaa-allah :) yang artinya kehendak allah adalah segalanya.

Tunduk ditindas
atau Bangkit melawan
karena Mundur adalah pengkhianatan

"Tidak tunduk terdiam untuk ditindas, tapi bangkit menatap untuk melawan, karena mundur adalah pengkhianatan"

*Hanya tulisan awam terinspirasi dari pembelajaran dan melihat fenomena politik kampus :) karena Kata itu ibarat pedang, diasah oleh nurani, dipertajam oleh pikiran, ditebaskan oleh mereka yang berani. Dan TULISAN adalah AKSI bagi saya !!!

1 komentar:

  1. afiliasi,partisipasi, konsistensi, kontribusi

    ayo berpolitik .. :)

    *btw, krusial bgt bahas ini saat suasana kampus panas .. hhaha :)

    BalasHapus