My Life My Adventure and My Story

24 September 2011

Sekilas Mengenai Teh

Sabtu, September 24, 2011 Posted by n.hadiyati No comments


Pengertian
  • Teh hitam atau yang biasa kita sebut dengan Teh merah , adalah Teh yang lebih teroksidasi daripada ragam teh hijau, oolong dan putih , karena daun teh dibiarkan teroksidasi secara penuh sekitar 2 minggu hingga 1 bulan.
  • Teh hitam berasal dari daun Camellia sinensis , teh hitam umumnya lebih berasa seleranya dan lebih banyak mengandung kafein dari teh yang tidak teroksidasi.
  • Teh hitam merupakan jenis teh yang paling umum di Asia Selatan (India, Sri Langka, Bangladesh) dan sebagian besar negara-negara di Afrika seperti: Kenya, Burundi, Rwanda, Malawi dan Zimbabwe.
  • Teh hitam adalah klasifikasi yang umum digunakan buat teh pascafermentasi, seperti teh Pu-erh. Namun, di dunia Barat, teh merah atau teh hitam biasanya merujuk ke tisane rooibos dari Afsel yang termasuk golongan teh herbal , dalam bahasa Jepang kōcha adalah teh merah karena air teh sebenarnya berwarna merah. Orang Barat menyebutnya sebagai teh hitam karena daun teh berwarna hitam, Teh hitam masih dibagi menjadi 2 jenis:
    • Ortodoks (teh diolah dengan metode pengolahan tradisional)
    •  CTC (metode produksi teh Crush, Tear, Curl yang berkembang sejak tahun 1932).
  • Teh hitam yang belum diramu (unblended) dikelompokkan berdasarkan asal perkebunan, tahun produksi, dan periode pemetikan (awal musim semi, pemetikan kedua, atau musim gugur). Teh jenis Ortodoks dan CTS masih dibagi-bagi lagi menurut kualitas daun pasca produksi sesuai standar Orange Pekoe.

Budaya Minum Teh
  • Kebiasaan minum teh telah menjadi semacam ”ritus” setidaknya di kalangan masyarakat Cina dan Jepang , Bahkan hingga kini, upacara minum teh di tengah masyarakat Jepang merupakan suatu hal yang sacral, Di Cina, budaya minum teh sudah dikenal sejak 3.000 tahun sebelum Masehi, pada zaman Kaisar Shen Nung berkuasa, Kemudian budaya minum teh berlanjut di Jepang sejak masa Kamakaru (1192 – 1333) oleh pengikut Zen. Tujuannya adalah agar mereka mendapatkan kesegaran tubuh selama meditasi yang bisa memakan waktu berjam-jam. Pada akhirnya, tradisi minum teh menjadi bagian dari upacara ritual Zen , Selama abad ke-15 hal itu menjadi acara tetap berkumpul di lingkungan khusus untuk mendiskusikan berbagai hal.
  • Meski saat itu belum bisa dibuktikan khasiat teh secara ilmiah, namun masyarakat Cina sudah meyakini teh dapat menetralisasi kadar lemak dalam darah, setelah mereka mengonsumsi makanan yang mengandung lemak , Mereka juga percaya, minum teh dapat melancarkan air seni, menghambat diare dan sederet kegunaan lainnya.
  • Seiring dengan perkembangan ilmu pangan yang makin maju, khasiat minum teh pun makin banyak diketahui. Hal ini mendongkrak konsumsi teh dari tahun ke tahun. Di Inggris misalnya mencapai 2,5 kg/kapita/ tahun, di Irlandia bertengger pada angka 3,5 kg/kapita/tahun, Pakistan dan India berturut-turut pada posisi 1,0 kg dan 0,6 kg/kapita/tahun.

Kandungan teh hitam dan manfaat nya
  • Teh hitam memiliki polifenol yaitu komponen bioaktif yang terpenting sebagai penangkap radikal bebas hidroksil (OH2) sehingga tidak mengoksidasi lemak, protein dan DNA dalam sel. Radikal bebas yang berasal dari berbagai makanan awetan dan polusi udara merupakan musuh utama kesehatan, kecantikan dan penuaan dini seperti cepat keriput dan noda hitam pada kulit. Kemampuan polifenol menangkap radikal bebas, 100 kali lebih efektif dibandingkan vitamin C dan 25 kali lebih efektif dari vitamin E.
  • Katekin yang terdiri atas epicatechin (EC), epicatechin gallat (ECG), epigallocatechin (EGC), epigallocatechin gallat (EGCG), catechin dan gallocatechin (GC) , katekin adalah senyawa yang larut dalam air , tidak berwarna dan memberikan rsa pahit dan astringensi alias kelat, namun pengecualian pada teh hitam yang dapat mengoksidasi katekin menjadi berwarna dan memiliki cita rasa khas , karena itu warna teh hitam terbagi atas :
  1. orange-coloured theflavins (Tfs) : pemberi warna merah keemasan, (theaflavin, theaflavin-3-gallat, theaflavin-3’-gallat, theaflavin-3,3’-gallat
  2. brownish thearubigins (Trs) : pemberi warna kecoklatan, sebuah kelompok heterogen warna fenolik dengan massa molekul relatif pada range 700 – 40.000
  • Katekin memiliki manfaat membantu menyingkirkan radikal bebas sehingga tak memiliki kesempatan mengoksidasi LDL yang dapat membentuk plak pada dinding arteri, yang menjadi penyebab aterosklerosis. Dengan demikian, antioksidan pada teh dapat memperlancar arteri mengirim darah yang penuh gizi ke jantung dan ke seluruh tubuh.
  • Flavonol, zat antioksidan utama pada daun teh adalah kuersetin, kaempferol dan mirisetin. Sekitar 2- 3 persen bagian teh yang larut dalam air merupakan senyawa flavonol. Flavonol lebih merupakan glukosida daripada sebagai bentuk aglikon. Paling tidak sekitar 14 glikosida mirisetin, kuersetin dan kaempferol dalam teh segar, teh hijau dan teh hitam telah diketahui keampuhannya menghalau kanker dan kolesterol.

Proses pembuatan teh hitam
  • Di dalam proses pembuatan , teh hitam memiliki 3 proses yaitu :
  1. Proses Pelayuan : Menggunakan kotak untuk melayukan daun (Whithering trought), merupakan kotak yang diberikan kipas untuk menghembuskan angin ke dalam kotak. Pembalikan pucuk 2 - 3 kali untuk meratakan proses pelayuan.
  2. Proses Penggilingan : Bertujuan untuk memecah sel-sel daun, agar proses fermentasi dapat berlangsung secara merata.
  3. Proses Pengeringan : Menggunakan ECP drier (Endless Chain Pressure drier) & Fluid bed drier,  Kadar air produk yang dihasilkan 3 - 5 %

Rahasia Menyeduh
  • Bagi kebanyakan orang membuat teh dengan rasa manis dan nikmat tak ada masalah. Namun, guna mendapatkan khasiat teh yang maksimum sehingga bermanfaat bagi kesehatan, tak semua orang tahu. Maka ada baiknya kita pahami cara menyeduh teh yang baik dan beberapa langkah berikut bisa dilakukan. Pertama, gunakan air matang dan berasal dari sumber mata air.
  • Kedua, untuk mendapatkan rasa teh yang enak, cucilah daun teh dengan menuangkan air panas secukupnya pada seduhan pertama kemudian digojog beberapa saat sebelum airnya dibuang. Hal ini dilakukan untuk membuang debu yang masih menempel pada teh dan rasa teh menjadi lebih enak.
  • Ketiga, hindarilah menggunakan air yang baru saja mendidih untuk menyeduh teh. Suhu air panas berkisar antara 80 – 90 derajat Celsius adalah yang paling baik karena dapat mempertahankan antioksidan teh tidak rusak.
  • Keempat, minumlah segera setelah diseduh.
  • Kelima, hindari penyimpanan teh yang sudah diseduh lebih dari 24 jam, karena teh basi bisa buat diare. Keenam, simpanlah teh dalam wadah tertutup agar aromanya tetap terjaga baik. (Posman Sibuea)

dan perlu diketahui selama ini minum teh lebih ditujukan untuk kenikmatan dengan menambahkan gula atau susu pada air seduhannya. Berbeda dengan masyarakat Cina dan Jepang, mereka mengonsumsi teh tak semata untuk kenikmatan tapi sudah pada tahap mendapatkan khasiatnya yang menyehatkan. Hasil penelitian menunjukkan, teh jika dikonsumsi secara teratur dapat mencegah kanker, mendepak kolesterol dan darah tinggi (Fereidoon Shahidi, 2002).

maka alangkah lebih baik bila kita mengikuti kebiasaan mereka yaitu meminum “teh tanpa menambahkan susu , karena walau susu memiliki kandungan gizi , tapi susu dapat merusak manfaat pada “teh , pernyataan diatas berdasarkan penelitian seorang ilmuwan jerman

Penelitian menunjukkan bahwa teh meningkatkan aliran darah dan kemampuan arteri untuk rileks namun penelitian di Rumah Sakit Charite di Universitas Berlin menemukan bahwa susu mengurangi dampak perlindungan terhadap penyakit jantung. "Dampak manfaat dari meminum teh hitam menjadi terhalangi dengan penambahan susu," kata Dr Verena Stangi, seorang ahli jantung di rumah sakit itu, Stangi dan timnya menemukan bahwa protein yang disebut kasein dalam susu dapat menurunkan jumlah komponen dalam teh yang dikenal sebagai catheins yang meningkatkan perlindungan terhadap serangan jantung.

Mereka percaya penemuan itu, yang dilaporkan dalam Jurnal Jantung Eropa, dapat menjelaskan mengapa negara seperti Inggris, dimana teh secara rutin dikonsumsi, tidak menunjukkan penurunan resiko serangan jantung dan stroke dari kebiasaan minum tehnya.

Penelitian itu membandingkan dampak kesehatan dari minum air dan meminum teh tanpa susu pada 16 wanita sehat, dengan menggunakan "ultrasound", mereka mengukur fungsi dari arteri di lengan bawah sebelum dan dua jam setelah minum teh.

Teh hitam signifikan dalam meningkatkan aliran darah dibandingkan dengan minum air namun penambahan susu mengurangi dampak dari teh.

"Kami menemukan bahwa, sekalipun minum teh signifikan meningkatkan kemampuan arteri untuk rileks dan meningkatkan aliran darah dibandingkan dengan minum air, penambahan susu secara total mencegah manfaat biologi," kata Dr Mario Lopez, seorang ahli biologi molekuler dan salah seorang peneliti dalam penelitian itu.

Tes terhadap tikus memberikan hasil yang serupa. Ketika tikus diberi teh hitam yang melancarkan alirah pembuluh darah. Namun penambahan susu menghentikan manfaat itu.

Teh juga menunjukkan tanda memiliki manfaat untuk mencegah kanker sehingga penemuan itu boleh jadi memiliki pengaruh yang lebih jauh.

"Karena susu tampaknya mengubah aktivitas biologi dari komponen teh, tampaknya manfaat anti-tumor teh juga dapat terkena dampaknya," kata Stangi.

"Saya kira ini penting bahwa kita mempelajari kembali hubungan antara konsumsi teh dan pencegahan terhadap kanker, untuk melihat jika itu sebuah masalah," tambah dia

membuat kita lebih rileks, mengurangi stres, tapi juga menyehatkan karena meningkatkan aliran darah ke jantung.

0 komentar:

Posting Komentar