My Life My Adventure and My Story

24 Oktober 2014

Hidup dan Permainan

Jumat, Oktober 24, 2014 Posted by n.hadiyati , , No comments

Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahuinya.” (QS. Al Ankabut 64)

Hidup adalah permainan semata, tapi bukankah dari permainan kita belajar banyak hal. Belajar bagaimana mengatur strategi untuk memenangkan, belajar untuk tidak menyerah, belajar banyak hal untuk menjadikan permainan penuh makna dan hasilnya bisa dibagi keorang lain. Tahukah kamu bahkan penelitian menunjukkan bahwa rata-rata gamer memiliki IQ yang tinggi.

Mari kita analogikan hidup ibarat bermain candycrush saga


Level awal terasa mudah, semakin naik level semakin banyak tantangan atau misi yang kemudian divariasikan. Demikian juga hidup, bukankah ada adegium yang mengatakan “semakin tinggi pohon semakin kencang angin yang menerpanya”. ketika kamu selesai dari permasalahan satu maka bersiaplah untuk kemasan permasalahan berikutnya. Apakah manusia mengira setelah mereka mengikrarkan dirinya bahwa dia beriman, lantas mereka dibiarkan tidak diuji ? Sungguh, orang-orang yang terdahulu pun telah Kami uji. Yang dengan ujian ini, maka akan teranglah siapa yang jujur dalam pengakuan imannya, dan siapakah yang dusta.” (Q.S. Al Ankabut: 2-3).

Kamu tidak tahu pasti bagaimana untuk memenangkan tiap level, hanya berpikir dan mengerakkan pion atau candy berikutnya. Demikian juga hidup ada yang kita tidak tahu arah mana yang benar dan salah, kita bergerak berdasarkan instuisi dan ketika salah bukankah selalu ada cara untuk kembali kejalan yang benar hingga pada akhirnya menemui kemenangan. Dan ketika candy yang kamu gerakkan sangat tepat bukankah mendapat bonus itu menyenangkan, Tuhanpun telah mengatur bahwa setiap amal baik akan diganjar pahala berlipat ganda.

Kamu akan merasakan permainan level sebelumnya lebih mudah, demikian hidup ketika kamu menyelesaikan satu masalah akan terasa lebih ringan hati untuk melangkah kedepan.

Ada kalanya kamu memilih untuk berhenti ketika ketika stuck di level tertentu tapi tetap saja akan ada hasrat diri untuk bermain kembali dan disuatu saat kemudian kamu pun akan mulai bermain lagi dengan strategi baru. Hidup menyediakan penyesalan namun hidup juga menyediakan seribu pintu untuk mengawali hari, kamu tidak akan memenangkan permainan dengan rutukakn demikian juga hidup.

0 komentar:

Posting Komentar